Breaking News:

Idul Adha di Hagia Sophia

Shalat Idul Adha di Masjid Hagia Sophia, Petugas Bagikan Sajadah, Masker, dan Air Minum untuk Jamaah

Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Hagia Sophia untuk melaksanakan shalat Idul Adha yang dipimpin oleh Ali Erbas.

Anadolu Agency/Arif Akdogan
Suasana pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Hagia Sophia, Turki, Jumat (31/7/2020) 

SERAMBINEWS.COM – Seluruh umat Muslim di dunia pada hari Jumat (31/7/2020) melaksanakan shalat Idul Adha di tengah situasi pandemi virus Corona.

Tak terkecuali umat Muslim di Turki yang menggelar shalat Idul Adha di Masjid Agung Hagia Sophia untuk pertama kalinya setelah 86 tahun.

Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Hagia Sophia untuk melaksanakan shalat Idul Adha yang dipimpin oleh Ali Erbas, kepala Direktorat Urusan Agama Turki.

Ini menjadi shalat Idul Adha perdana di Hagia Sophia yang sebelumnya pada Jumat (24/7/2020) lalu dibuka kembali untuk dilaksanakannya shalat Jumat pertama setelah 86 tahun difungsikan menjadi Museum.

Melansir dari Anadolu Agency, otoritas setempat membagikan sajadah, hand sanitizer, masker, dan air minum gratis kepada para jamaah di Masjid Agung Hagia Sophia.

Sebuah layar raksasa ditempatkan di sudut masjid agar jamaah dapat melihat khatib membacakan khutbahnya.

Hagia Sophia Jadi Masjid, Majalah Turki Minta Kekhalifahan Islam, Warga Tafsir Seruan kepada Erdogan

Erdogan Ingin Diingat Generasi Mendatang, Gereja Ortodoks dan Museum Hagia Sophia Jadi Masjid Lagi

Di ibu kota Turki, Ankara, pelaksanaan shalat Idul Adha dilakukan sesuai dengan jarak sosial dan protokol pencegahan Covid-19.

Cairan disinfektan ditempatkan di setiap pintu masuk masjid, dan mereka yang datang ke masjid wajib mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri.

Dalam sebuah telepon, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bertukar salam dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha dengan tentara yang ditempatkan di provinsi tenggara, Sirnak.

Sebagian besar negara-negara Muslim di seluruh dunia, termasuk Turki, akan merayakan Idul Adha selama empat hari yang dimulai pada hari Jumat.

Halaman
123
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved