Berita Luar Negeri

Malaysia Wajibkan Pakai Masker, Warga tak Pakai Masker Didenda Rp 3,4 Juta

Sabtu (1/8/2020) warga Malaysia sudah diwajibkan menggunakan masker wajah, terutama ketika sedang berada di transportasi umum dan keramaian.

TWITTER @drirmashida
Foto Ilustrasi - Dokter asal Malaysia ini menjelaskan mengapa terlalu lama memakai masker bisa menimbulkan jerawat melalui akun Twitternya. 

SERAMBINEWS.COM - Mulai kemarin, Sabtu (1/8/2020), warga Malaysia sudah diwajibkan menggunakan masker wajah, terutama ketika sedang berada di transportasi umum dan daerah padat manusia.

Hal ini mengikuti keputusan Pemerintah Malaysia mewajibkan penggunaan masker bagi warganya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Melansir dari Berita Harian (2/8/2020), meskipun sudah diwajibkan, namun masih ada warga yang tidak mematuhi aturan Pemeritah.

Agar warga mematuhi peraturan yang dibuat untuk mencegah penularan Covid-19, Pemerintah Malaysia mewajibkan warganya yang tidak mematuhi untuk membayar denda.

Denda yang wajib dibayar jika tidak memakai masker berkisar RM1000 atau sebesar Rp 3.430.738 (kurs hari ini) setelah dikonversikan ke Rupiah.

Kasus Covid Meningkat, Ini Pesan Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan

Tenaga Medis RSU Teungku Peukan Positif Corona Bertambah 3 Menjadi 15 Orang, Seluruh Abdya 20 Orang

Ngaku Bersetubuh dengan Banyak Pria, Remaja 17 Tahun Buang Bayinya Karena Tak Tahu Ayah Anaknya

Denda tersebut masuk ke dalam Undang-Undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular 1988 (UU 342).

Menurut laporan media setempat, di kawasan ibu kota Malaysia, ditemukan mulai banyak warga yang mulai mematuhi arahan Pemerintah.

Warga terlihat banyak menggunakan masker terutama setelah berada di luar kendaraan pribadi mereka (mobil) dan pada tempat umum lain.

Masker tersebut dikategorikan sebagai pencegah paling umum yang bisa dilakukan warga, sebagai penghalang terjangkit virus tak terlihat.

Halaman
12
Penulis: Syamsul Azman
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved