Breaking News:

15 Tahun Damai Aceh

15 Tahun Damai Aceh - Ketika Teriakan Allahu Akbar Menggema di Masjid Raya Baiturrahman

Suasana haru-biru itu terjadi di halaman Masjid Raya Baiturrahman pada acara nonton bareng penandatanganan MoU antara RI-GAM.

DOK IRFAN M NUR
Massa peringatan 1 Tahun MoU Helsinki di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, 15 Agustus 2006. 

Artikel ini merupakan arsip berita Harian Serambi Indonesia edisi Selasa 16 Agustus 2005, atau sehari setelah penandatanganan MoU Damai Aceh di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005.

Artikel ini berisi laporan suasana masyarakat Aceh berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan nonton bareng penandatanganan MoU Helsinki.

Sebagai bagian dari upaya merawat ingatan, sekaligus merawat damai di Aceh, artikel ini kami turunkan kembali pada peringatan 15 tahun Damai Aceh, 15 Agustus 2020, dalam topik “ 15 Tahun Damai Aceh”.

Berikut ini liputan lengkapnya.

Teriakan Allahu Akbar Sambut Salaman RI-GAM

BANDA ACEH - Tepuk tangan dan teriakan Allahu Akbar bergemuruh ketika perwakilan Pemerintah RI, Hamid Awaluddin dan perwakilan GAM, Malik Mahmud bersalaman sesaat setelah masing-masing pihak menandatangani kesepakatan damai RI-GAM di Helsinki, Senin (15/8) sekitar pukul 15.45 WIB.

Suasana haru-biru itu terjadi di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada acara nonton bareng penandatanganan MoU antara RI-GAM yang disiarkan secara langsung melalui layar televisi.

Data dari panitia pelaksana menyebutkan angka 10.000 orang menghadiri acara yang diawali doa bersama itu.

Doa dan zikir bersama dilaksanakan usai shalat Zuhur dipimpin Tgk H Jamaludin Wali.

Massa dari berbagai penjuru Kota Banda Aceh, Aceh Besar bahkan dari luar daerah mulai memadati halaman Masjid Raya Baiturrahman sejak siang harinya.

Untuk tertibnya acara nonton bareng tersebut, panitia mempersiapkan puluhan pesawat televisi yang ditempatkan hampir di setiap sudut masjid.

Bahkan ada masyarakat yang memboyong sendiri pesawat televisi berukuran kecil untuk selanjutnya ditonton secara bersama-sama.

Puncak keharuan masyarakat adalah ketika menyaksikan saat-saat paling mendebarkan sekitar pukul 15.45 WIB atau pukul 09.30 waktu Helsinki ketika Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin sebagai wakil RI dan Perdana Menteri GAM Malik Mahmud sebagai wakil GAM menandatangani kesepakatan damai.

15 Tahun Damai Aceh - Begini Suasana Detik-detik Penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2005

Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari yang menjadi mediator perundingan menyaksikan penandatanganan tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved