Breaking News:

Opini

Menggugah Kesadaran Soal Covid

Hari ke hari, kasus penularan virus corona (Covid-19) terus bertambah. Melonjaknya tingkat penularan virus sebenarnya bukan karena virus

FOR SERAMBINEWS.COM
H Aminullah Usman S.E., Ak., M.M, Wali Kota Banda Aceh 

Oleh H Aminullah Usman S.E., Ak., M.M, Wali Kota Banda Aceh

Hari ke hari, kasus penularan virus corona (Covid-19) terus bertambah. Melonjaknya tingkat penularan virus sebenarnya bukan karena virus itu lebih digdaya. Akan tetapi karena kita terlalu meremehkannya.

Ibarat perlombaan lari antara kelinci dengan kura-kura. Di mana di akhir cerita yang menang bukanlah kelinci yang terkenal berlari cepat, melainkan oleh binatang bercangkang keras yang terkenal berjalan lamban.

Kesombongan telah mengalahkan kelinci. Begitulah dengan virus ini, semakin dianggap sepele maka kasusnya semakin membesar. Tak tertutup kemungkinan penambahan itu datang dari kita. Maka teruslah waspada.

Secara khusus, Pemerintah Kota Banda Aceh sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menekan angka penularan. Mulai dengan melakukan kampanye protokol kesehatan, razia masker, menyediakan fasilitas cuci tangan di area publik dan perkantoran.

Tak hanya itu, Pemerintah kota juga gencar melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah ibadah, sekolah, dan tempat umum, serta membagi-bagikan masker kepada warga. Semua itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi penularan virus corona.

Tentu kerja pemerintah tidak maksimal jika tidak didukung oleh masyarakat. Kerja sama dari semua pihak sangat dibutuhkan di tengah kondisi di mana kasus terus meningkat seperti saat ini. Terutama keterlibatan kalangan muda dan perangkat desa.

Kaum milenial harus menjadi ujung tombak dalam mengampanyekan betapa bahayanya wabah Covid-19. Sedangkan perangkat desa, bisa mengontrol warganya agar taat pada protokol kesehatan. Karena tugas ini menjadi tanggung jawab bersama.

Selain itu, kita juga harus menjadi pelindung bagi diri sendiri dan keluarga masing-masing. Tidak ada orang lain yang lebih peduli terhadap kondisi kesehatan keluarga kita. Ingatlah, wabah Covid-19 belum berakhir dan tidak tahu kapan akan jeda serta akan terus menjadi ancaman.

Saat ini, Indonesia menjadi negara nomor dua terbanyak kasus Covid-19 di Asia Tenggara setelah Filipina. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyebutkan penambahan kasus dan angka kematian di Asia Tenggara mengalami kenaikan yang signifikan.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved