Breaking News:

Berita Aceh Besar

Sarang Tawon di Pemukiman Bahayakan Warga, Segera Hubungi Nomor Ini

cara penanganan untuk sarang tawon yang sudah membesar dan sering dilakukan petugas BPBD Aceh Besar

Penulis: Misran Asri | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas Pemadam Kebakaran BPBD Pos Saree, Aceh Besar, menyulut api dari bawah saat mengevakuasi sarang tawon dari sebatang pohon di permukiman warga Suka Damai, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Jumat (25/9/2020). 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Bagi masyarakat yang menemukan ada sarang tawon berada di atas pohon atau bangunan rumah bisa langsung dievakuasi atau dimusnahkan sendiri sebelum sarang tawon tersebut membesar.

Karena, untuk jumlah tawon-tawonnya belum begitu banyak.

Namun, warga diminta tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

Sementara penanganan untuk sarang tawon yang bertenggar di pohon dan terlanjut membesar, dapat dilakukan dengan cara lainnya, sehingga resiko membahayakan dapat diperkecil.

Ini 5 Cara Efektif Mengontrol Kolesterol Agar tak Berlebih di Dalam Tubuh

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP, mengatakan cara penanganan untuk sarang tawon yang sudah membesar dan sering dilakukan petugas BPBD Aceh Besar dalam mengevakuasi tawon-tawon yang mulai muncul keresahan bagi warga, dapat dilakukan, pertama memilih waktu yang tepat untuk pemusnahan.

"Dilakukan tengah malam atau menjelang dini hari saat aktivitas warga sudah tidak ada, terutama bila tawon tersebut bersarang di permukiman warga," kata Farhan.

Langkah kedua menyalakan api dari bawah dan usahakan apinya besar, karena api yang membumbung tinggi akan 'menjebak' tawon-tawon tersebut tetap berada di dalam kandangnya.

Suami Penggal Kepala Istri di Hutan Karena Tak Mau Pindah Keyakinan

Meski, ada sebagian tawon yang berhasil keluar. Di sanalah butuh alat pelindung diri (APD) untuk mencegah tawon-tawon yang keluar itu menyengat.

"Proses evakuasi yang dilakukan anggota kami selama ini tidak jauh dari resiko. Banyak di antara para petugas yang sudah disengat tawon pada saat melakukan evakuasi," pungkas Farhan

Lalu tambah Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, api yang sebelumnya disulut di bawah pohon tersebut tetap dikontrol dan tidak ditinggalkan begitu saja, sehingga tidak menjalar ke lokasi lainnya serta mempersiapkan perlengkapan pemadaman, seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan air, bila api membesar.

"Kondisi paling memungkinkan kondisi cuaca sedang stabil, artinya sedang tidak ada angin kencang. Tapi, suasana anginnya landai," sebut Maswani.

Setelah sarang tersebut panas dan tawon-tawon tersebut mati terjebak di dalam sarangnya, kata Maswani, petugas pemadam BPBD Aceh Besar biasanya mengambil sarang tersebut menggunakan kayu panjang dan dipasang goni di ujung kayu panjang tersebut, sehingga sarang itu diupayakan masuk ke dalam gonitersebut.

VIDEO Perhiasan Cincin Pria Batu Giok Anjlok Akibat Pandemi

"Begitu sarang tersebut sudah berada di dalam goni, baru proses selanjutnya sisa-sisa tawon yang berada di dalam goni itu dimusnahkan dan tahapan terakhir petugas baru melakukan penyemprotan cairan serangga di lokasi tersebut," sebutnya.

Ia pun mengharapkan cara tersebut dapat membantu masyarakat dalam penangganan awalsarang tawon yang berada di permukiman.

Untuk sarang tawon yang berada di bangunan rumah, kemungkinan lebih sulit.

"Meski demikian bagi masyarakat yang menemukan sarang tawon berada di permukiman dan tidak mampu diatasi sendiri, khawatir membahayakan dirinya dan warga lainnya.

Dapat menghubungi petugas di nomor HP 0823 7196 4442 atau WA di 0821 6000 7600 serta nomor darurat di 0811 6713 113," Maswani.(*)

Cinta Sejati Suami, Setia Rawat Istri yang Diamputasi Tangan dan Kaki

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved