Breaking News:

TMMD Reguler 109

TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0102/Pidie, Menerobos Keterisolasian Hingga Berdayakan Ekonomi Rakyat

Hampir sebulan terakhir ribuan petani dari berbagai kecamatan di Pidie dan malah daei kabupaten pemekaran, Pidie Jaya yang senantiasa menggarap

SERAMBINEWS/IDRIS ISMAIL
Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Sterad Mabes TNI, Brijen TNI Sugiyono (tengah), Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh, Tengku Sony Sonatha SE MIP (dua kanan) bersama tim melihat secara langsung salah satu titik kegiatan TMMD Regulerk ke-109 berupa pembangunan jalan terobos dan pelebaran jalan 11,5 KM, Selasa (13/10/2020) lalu. SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL 

Laporan Idris IsmaiI I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Sang Surya masih menampakkan cahaya di celah-celah awan pada lereng perbukitan Seulawah Dara dalam kawasan pedalaman perbukitan Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Sabtu (17/10/2020).

Sesekali, tampak para petani kebun di kawasan hamparan perbukitan nan subur itu membawa hasil panen jenis pisang barangan yang menjadi menu pelengkap di meja makan.

Di tengah medan jalan yang licin serta dipenuhi batu cadas, para petani yang menggunakan sepeda motor tampak melaju terseok-seok.

Hal yang sama juga dirasakan bagi kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil bumi atau panen dengan jarak 11,5 Km lebih dalam ke kawasan kebun hingga menuju pusat perkampungan, Gampong Pulo Hagu, Padang Tiji.

Namun hampir sebulan terakhir ribuan petani dari berbagai kecamatan di Pidie dan malah dari kabupaten pemekaran, Pidie Jaya yang senantiasa menggarap hamparan kebun 1.500 hektare di perbukitan Glee Pulo Hagu ini 'ketiban berkah' lewat serangkaian bakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0102/Pidie.

Personel TNI yang sedang melakukan kegiatan TMMD Reguler ke 109 di Perbukitan Glee Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie membantu petani gampong setempat, Ridwan dalam membawa hasil panen pisang barangan, Sabtu (17/10/2020).
Personel TNI yang sedang melakukan kegiatan TMMD Reguler ke 109 di Perbukitan Glee Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie membantu petani gampong setempat, Ridwan dalam membawa hasil panen pisang barangan, Sabtu (17/10/2020). (SERAMBINEWS/IDRIS ISMAIL)

Salah satunya adalah penorobosan pelebaran badan jalan dari sebelumnya hanya 2 sampai 3 meter, kini telah dibangun menjadi 7 meter sepanjang 11,5 KM dari sisi penggiran Gampong Pulo Hagu hingga menembus perbatasan tapal batas wilyah kedua kabupaten yaitu Kemukiman Saree, Kabupaten Aceh Besar.

Program TMMD 109 yang digelar di wilayah Kodim 1209/Pidie mencakup pembangunan fisik maupun nonfisik dengan dengan mengutamakan pemberdayaan potensi wilayah untuk membuka keterisoliran bagi geliat perekonomian warga.

Baca juga: Fakta Pelajar SMK Nikahi 2 Gadis Sekaligus: Tak Diketahui KUA, Sang Ibu Sempat Pingsan

Baca juga: Profil dan Rekam Jejak Pollycarpus, Eks Terpidana Kasus Munir Meninggal Akibat Covid-19

Baca juga: KRI Bima Suci Berkunjung ke Kota Sabang, Latihan Untuk Taruna Sebelum Lulus Jadi Perwira TNI AL

Sarana infrastruktur transportasi merupakan bagian terpenting untuk menghidupkan aktivitas perekonomian warga agar dapat mengelola dan memasarkan hasil perkebunan dan pertaniannya tanpa kendala akses tranportasi dan dapat memangkas biaya transportasi yang tinggi (high cost).

Dengan program TMMD yang digelar di wilayah Kabupeten Pidie ini, membuka asa baru bagi warga yang berada di daerah sulit dijangkau untuk dapat meningkatkan kesejahteraaanya dan membangkitkan semangat untuk mengolah potensi sumber daya alam.

Halaman
1234
Penulis: Idris Ismail
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved