Breaking News:

Penanganan Covid 19

Lagi, Puluhan Pelanggar Protkes Covid-19 Terjaring di Aceh Besar, Dominan tak Pakai Masker

Pada tempat tersebut, sebut M Rusli, personel Satpol PP dan WH menjaring 20 pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker.

For Serambinews.com
Kasatpol PP dan WH Aceh Besar, M Rusli, SSos, MAP 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Satpol PP dan WH Aceh Besar kembali menggelar Operasi Yustisi dalam rangka pelaksanaan Perbup Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Aturan Hukum bagi pelanggar Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19.

Seperti biasa, razia tersebut menyasar tempat-tempat dan objek wisata yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Kasatpol PP dan WH Aceh Besar, M Rusli, SSos kepada Serambinews.com, Sabtu (21/11/2020), mengatakan, operasi kali ini dilakukan di kawasan Lhokseudu.

Pada tempat tersebut, sebut M Rusli, personel Satpol PP dan WH menjaring 20 pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker.

“Razia ini merupakan rutinitas yang kita lakukan setiap musim liburan pada hari Sabtu dan Minggu,” beber Kasatpol PP dan WH.

Baca juga: Pria Ini Diciduk Polisi karena Sebar Ujaran Kebencian dan Menghina Institusi Polri di Media Sosial

Baca juga: Dewan Minta Edukasi dan Sosialisasi Protkes Covid-19 Digencarkan, Nilai Warga Masih Kurang Patuh

Baca juga: Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin Pamitan dengan Keluarga Besar Kodam IM, Begini Suasananya

Ia mengakui, saat razia di lokasi obyek wisata, pihaknya selalu menemukan masih tingginya pelanggaran Protkes Covid-19, dominan tak memakai masker.

“Hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat tampaknya masih rendah terhadap pelaksanaan Protkes Covid-19 di Aceh Besar,” papar dia.

Maraknya pelanggaran Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19 di Kabupaten Aceh Besar ternyata turut mendapat sorotan dari kalangan DPRK.

Pihak legislatif menilai, masyarakat masih kurang mematuhi Protkes Covid-19, khususnya keharusan memakai masker ketika keluar rumah.

"Karena itu, perlu lebih gencar sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat agar mereka mematuhi Protkes Covid-19," ujar Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Aziz, SE kepada Serambinews.com, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: Muncul Kembali dan Terkam Sapi, Begini Rentetan Konflik Harimau dengan Manusia di Subulussalam

Baca juga: Terjatuh dari Sepeda Motor, Penjambret di Jangka Bireuen Babak Belur Dihajar Warga

Baca juga: Tak Pakai Masker, 105 Warga Aceh Besar Disanksi Bersihkan Pekarangan Meunasah 

Selama ini, jelasnya, kesadaran masyarakat untuk disiplin Protkes Covid-19 masih sangat rendah, padahal ini penting untuk menjaga kesehatan dirinya, keluarga, dan orang lain.

Kondisi di Aceh Besar saat ini seperti di warkop-warkop, pusat pasar, dan pusat keramaian lainnya, papar dia, masih tinggi ditemukan pelanggaran Protkes Covid-19, khususnya yang tidak memakai masker.

Menurut Zulfikar, warga seolah-olah tidak percaya akan adanya virus corona, padahal virus corona ini nyata dan ada.

“Jadi, perlu kerja keras Satgas Covid-19 Aceh Besar agar masyarakat mematuhi Protkes Covid-19 dan maksimalkan pelayanan kesehatan dari tingkat desa hingga kecamatan guna mendeteksi wabah corona,” urainya.(*) 

Bersama-kita lawan virus corona. Serambinews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat Pesan Ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved