Breaking News:

Berita Abdya

Pencarian Warga Tenggelam di Krueng Beukah Blangpidie Dihentikan, Begini Penjelasan BPBD

Hal tersebut dilakukan pihak BPBD Abdya karena sudah sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) pencarian orang hilang.

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/ RAHMAT SAPUTRA
Puluhan warga Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie, Abdya bersama Tagana dan Tim SAR, Jumat (11/12/2020) menggunakan perahu ban kembali melanjutkan pencarian Udin Saputra (45) salah seorang warga Babah Lueng yang dikabarkan tenggelam di sungai Ie Dikila Krueng Beukah. 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya (Abdya) menghentikan pencarian Udin Saputra (45), warga Babah Lueng yang tenggelam di Krueng Beukah, Kecamatan Blangpidie, Kamis (10/12/2020) pekan lalu.

Hal tersebut dilakukan pihak BPBD Abdya karena sudah sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) pencarian orang hilang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Abdya, Amiruddin, SPd membenarkan, bahwa pihaknya menghentikan pencarian Udin yang tenggelam beberapa waktu lalu.

"Iya, secara SOP, kita hanya bisa melakukan pencarian dan memberikan bantuan selama tujuh hari sejak kejadian," ujar Kalak BPBD Abdya, Amiruddin, SPd, Kamis (17/12/2020).

Meski begitu, lanjut Amiruddin, pihaknya tetap meminta tim untuk turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan membantu masyarakat.

Baca juga: Viral Pria dan Wanita Lakukan Aksi Tak Senonoh di Lampu Merah jadi Tontonan, Pelaku Diduga Mabuk

Baca juga: Kabar Pilu Ayah Telepon Anak, yang Angkat Polisi dan Beri Tahu Anak dan 3 Cucunya Sudah Meninggal

Baca juga: Lintas Blangkejeren-Kutacane Lancar Lagi, Sempat Lumpuh Total 4 Jam Gara-gara Tertimbun Longsor

"Kalau masyarakat tetap mencari ya silakan, dan tim kita juga ada yang turun ke lokasi untuk memantau. Namun tidak menggunakan spead boat lagi," ungkapnya.

Amir mengaku, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin mencari Udin, termasuk menyelam ke tempat-tempat yang disampaikan oleh ‘orang pintar’.

"Ada yang bilang di bawah pohon bambu dan dalam gua, juga sudah dimasuki tim kita, tapi juga belum berhasil ditemukan," beber dia.

Selain itu, urainya, juga sudah dilakukan pencarian di beberapa titik, seperti di Jembatan Guhang, Cot Jirat, dan Gampong Pulau Kayu, hingga ke bibir pantai Pulau Kayu.

"Pencarian sudah kita lakukan sampai ke bibir pantai Pulau Kayu dengan memakai robin, speadboat dan ban, namun tidak membuahkan hasil," terangnya.

Baca juga: Termasuk Strategi Anti Korupsi, Kejati Aceh Sosialisasi Penggunaan Dana Covid-19 ke Abdya

Baca juga: Begini Cara Pemkab Aceh Tamiang Atasi Stunting, Selain Tingkatkan Asupan Gizi, Juga Fokus Hal Ini

Baca juga: Mobil Pikap Rombongan Mahasiswa KPM Terbalik di Jalan Amblas Lintas Provinsi, Lintas Peureulak-Lokop

Bahkan, ungkap Kalak BPBD, ada sebagian tim melakukan penyelaman di tempat-tempat dan air yang dalam. "Terus kita cari sampai ke semua tempat hingga beberapa hari ke depan," pungkasnya.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, selain melakukan pencarian, sebagian warga dan keluarga korban juga melakukan baca doa dan yasin di lokasi kejadian.

Seperti diberitakan, Udin Saputra (45), warga Babah Lueng, Kecamatan Blangpidie, Abdya dikabarkan tenggelam di Sungai Ie Dikila Krueng Beukah Blangpidie, Kamis (10/12/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB

Informasi yang diperoleh Serambinews.com menyebutkan, Udin Saputra dikabarkan tenggelam bersama temannya Satria (18), saat pulang dari kebun. Satria dikabarkan selamat namun dalam keadaan lemas atau pingsan.

"Kejadian itu terjadi saat mereka pulang dari kebun. Jadi, saat pulang itu, mereka harus menyeberang sungai," ujar Aroel Sejuta, salah warga setempat kepada Serambinews.com, Kamis (10/12/2020) malam.

Baca juga: Korban Banjir di Aceh Timur Terima Bantuan Sembako

Baca juga: Bupati Shabela Hadiri Pelantikan PCNU

Baca juga: Kapolda Resmikan Sejumlah Gedung Renovasi di Polres Aceh Timur

Saat menyeberang sungai itu, kata Aroel, kawasan tersebut sedang diguyur hujan lebat dan arus air sungai pun tajam, sehingga mereka pun terserat air sungai tersebut. "Satu selamat, satu orang lagi dalam pencarian oleh warga setempat," ungkapnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved