Breaking News:

Opini

Legenda di Balik Keindahan Pulau Dua

DALAM beberapa bulan terakhir di masa pandemi ini saya selalu memikirkan untuk liburan. Tetapi saya bingung untuk berlibur ke mana

Legenda di Balik Keindahan Pulau Dua
IST
ROSMAYANI, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, melaporkan dari Bakongan Timur, Aceh Selatan

ROSMAYANI, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, melaporkan dari Bakongan Timur, Aceh Selatan

DALAM beberapa bulan terakhir di masa pandemi ini saya selalu memikirkan untuk liburan. Tetapi saya bingung untuk berlibur ke mana, karena menurut saya di kampung sendiri tidak ada tempat yang indah atau menarik untuk dinikmati. Lalu, terlintas di pikiran saya bahwa ada tempat yang menurut masyarakat setempat dan wisatawa lainnya, indah. Pesona alamnya begitu sejuk dan nyaman untuk para wisatawan yang ingin bermalam di tempat itu, yakni Pulau Dua di Bakongan Timur, Aceh Selatan.

Objek wisata ini jauh dari perkampungan warga. Untuk mencapainya harus melintasi hamparan laut yang biru, karena lokasi objek wisata ini berada di tengah-tengah laut.

Saya memutuskan untuk berkunjung di tempat tersebut. Suasananya tenang dan nyaman. Ini tempat untuk memanjakan mata, berada di Kampung Ujong Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur.

Jarak ke destinasi wisata ini dari tempat saya tinggal membutuhkan waktu setengah jam perjalanan dengan kendaraan roda dua. Itu pun hanya sebatas ke kampung Ujong Pulo, tidak langsung ke Pulau Dua. Jika ingin menuju Pulau Dua, maka kita harus menyewa boat nelayan dengan tarif Rp 25.000 per orang. Tapi, tarifnya naik menjadi Rp 35.000 per orang pada hari Lebaran.

Untuk menyeberang dari dataran pantai Ujung Pulau Rayeuk ke lokasi Pulau Dua membutuhkan waktu 15 menit.

Pada saat para pengunjung diantar ke Pulau Dua naik boat atau speedboat, pengemudinya juga menunggu di Pulau Dua sampai pengunjung tersebut pulang.

Destinasi wisata Pulau Dua merupakan tempat yang memanjakan mata, karena pantainya begitu eksotis. Saat ini Pulau Dua menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi warga Aceh Selatan atau para wisata lainnya pada saat hari libur.

Di Pulau Dua, kita bisa juga bermalam asalkan membawa tenda karena di pulau ini tidak tersedia tempat tinggal atau semacam ‘cottage’. Banyak pengunjung yang memanggang ikan di sini yang umumnya didapat dari hasil memancing sendiri.

Para remaja setempat malah sering berombongan untuk bermalam di pulau ini. Mereka membawa loudspeaker besar untuk mengdihidupkan musik.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved