Breaking News:

Tips Kesehatan

Mengenal 6 Jenis Cuka dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Kecantikan

Ternyata ada lusinan cuka yang tersedia di pasaran mulai dari cuka sari putih, cuka beras, cuka apel hingga cuka malt. Apa saja manfaat kesehatannya?

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Mursal Ismail
Pixabay.com/MikeGoad
Ilustrasi - Cuka Apel 

Ternyata ada lusinan cuka yang tersedia di pasaran mulai dari cuka sari putih, cuka beras, cuka apel hingga cuka malt. Apa saja manfaat kesehatannya?

SERAMBINEWS.COM - Siapa yang tak kenal dengan cuka? Rasanya asam, cuka sering digunakan ke dalam berbagai masakan maupun hidangan salad, maka tak heran cuka sering ditemukan di dapur.

Selain digunakan dalam masakan, cuka juga dapat menghilangkan minyak, jamur untuk membersihkan karpet dan bekas krayon yang membandel.

Cuka dihasilkan melalui fermentasi cairan beralkohol (cairan manis yang telah difermentasi untuk menghasilkan etanol) oleh bakteri asam asetat.

Umumnya, cuka yang sering ditemukan adalah cuka putih biasa, dan bahkan cuka sari apel yang telah memiliki tempat yang pasti di bidang kesehatan dan kecantikan.

Namun, ada lusinan cuka yang tersedia di pasaran mulai dari cuka sari apel hingga cuka putih.

Beberapa bahan fermentasi, seperti kelapa, nasi, kurma, kesemek, madu, dll., Dapat digunakan untuk membuat cuka.

Melansir dari Boldsky, Jumat (8/1/2021), berikut adalah daftar berbagai jenis cuka yang tersedia di pasar dan kegunaannya serta kemungkinan manfaatnya. Apa saja?

Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Garam Hitam atau Kala Namak, Cocok Bagi Penderita Darah Tinggi

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel, juga dikenal sebagai cider vinegar, terbuat dari sari apel atau mustar. Apel difermentasi dan melewati proses ekstensif untuk mengembangkan produk akhir.

Cuka berwarna kuning pucat ini dibuat dari apel yang diperas, yang menambahkan rasa buah ke dalamnya.

Kaya nutrisi, cuka sari apel digunakan dalam salad, chutney, pengawet makanan, dan bumbu perendam.

Manfaat cuka sari apel berlimpah untuk kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah, mencegah refluks asam, mengurangi kolesterol, menyembuhkan sakit tenggorokan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme, mengelola tingkat pH yang sehat,dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kerugian dari cuka sari apel jika dikonsumsi berlebihan dapat memperburuk gejala gastroparesis. Ini dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved