Breaking News:

Virus Corona Serang Dunia

Data Terbaru Tingkat Efikasi Vaksin Sinovac di Brasil Diperbarui, Turun Jadi 50,4 Persen

Jauh lebih rendah dibanding hasil temuan yang diumumkan pada pekan lalu, para peneliti di Brasil mengklaim vaksin Sinovac memiliki efikasi sebesar 78

DW INDONESIA
Tampilan vaksin corona yang dikembangkan perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac.(DW INDONESIA) 

SERAMBINEWS.COM - Data terbaru uji klinis terhadap vaksin buatan Sinovac di Brasil menunjukkan tingkat khasiat atau efikasi sebesar 50,4 persen.

Itu artinya, hasil terkini yang diumumkan oleh para peneliti di Brasil pada Selasa (12/1/2021) itu berselisih tipis dengan batas minimum 50% yang disyaratkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Jauh lebih rendah dibanding hasil temuan yang diumumkan pada pekan lalu, para peneliti di Brasil mengklaim vaksin Sinovac memiliki efikasi sebesar 78 persen.

Vaksin yang dikembangkan oleh Biotech China ini adalah satu dari dua vaksin yang telah disiapkan oleh pemerintah Brasil.

Melansir BBC, pada pekan lalu, Institute Butantan yang melakukan uji coba terhadap vaksin Sinovac mengumumkan bahwa vaksin tersebut memiliki kemanjuran 78% efektif melawan kasus COVID-19 ringan hingga berat.

Namun pada Selasa (12/1/2021), para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa kalkulasi efikasi 78% ini tidak termasuk hasil uji terhadap kelompok yang tergolong infeksi sangat ringan, atau orang-orang yang terjangkit namun tidak membutuhkan bantuan klinis.

Baca juga: KPI Aceh Minta Lembaga Penyiaran Aktif Tangkal Hoaks Tentang Vaksin

Baca juga: Dinkes Aceh Distribusikan Vaksin Covid-19, Banda Aceh Dapat Dua Kali Lipat dari Aceh Besar

Baca juga: 5.080 Vaksin Sinovac Tiba di Aceh Besar, Diterima Langsung Bupati Mawardi Ali

Pada uji klinis terbaru ini, data tersebut dimasukkan sehingga tingkat kemanjuran vaksin Sinovac diperbarui menjadi 50,4%.

Meski begitu, Institut Butantan menekankan bahwa vaksin tersebut 78% efektif mencegah kasus ringan yang membutuhkan tindakan medis.

Bukan hanya itu, mereka juga mengatakan bahwa vaksin tersebut 100% efektif dalam mencegah kasus sedang hingga serius.

Halaman
1234
Penulis: Yeni Hardika
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved