Breaking News:

Vaksin Covid 19

Manfaat Mendapatkan Vaksin Covid-19, Cegah Tertular dan Langkah Hentikan Pandemi

Manfaat mendapatkan vaksin Covid-19, bisa mencegah Anda tertular dan salah satu langkah menghentikan pandemi.

SERAMBINEWS.COM - Manfaat mendapatkan vaksin Covid-19, bisa mencegah Anda tertular dan salah satu langkah menghentikan pandemi.

Sebagaimana yang sedang menjadi perbincangan, yakni Indonesia akan melakukan penyuntikan perdana vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1/2021).

Penyuntikan vaksin kepada Presiden menandai dimulainya tahapan vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang rencananya memakan waktu 15 bulan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat vaksin bagi tubuh ?

Berikut ini beberapa manfaat bagi Anda, mendapatkan vaksin Covid-19 seperti dikutip pada Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada hari Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Divaksinasi setelah Jokowi, Intip Momen Raffi Ahmad Disuntik Sinovac Mewakili Anak Muda Milenial

CDC memahami bahwa beberapa orang mungkin khawatir tentang mendapatkan vaksinasi sekarang karena vaksin Covid-19.

Sementara lebih banyak vaksin Covid-19 sedang dikembangkan secepat mungkin, proses dan prosedur rutin tetap ada untuk memastikan keamanan vaksin apa pun yang diizinkan atau disetujui untuk digunakan.

Keamanan adalah prioritas utama, dan ada banyak alasan untuk mendapatkan vaksinasi.

Bisakah vaksin COVID-19 membuat saya sakit karena COVID-19?

Tidak ada satu pun vaksin COVID-19 yang mengandung virus hidup penyebab COVID-19 sehingga vaksin COVID-19 tidak dapat membuat Anda sakit karena COVID-19. 

Baca juga: Divaksinasi setelah Jokowi, Intip Momen Raffi Ahmad Disuntik Sinovac Mewakili Anak Muda Milenial

Fakta tentang Vaksin COVID-19

Di bawah ini adalah ringkasan manfaat vaksinasi COVID-19 berdasarkan apa yang kami ketahui saat ini.

Vaksinasi COVID-19 akan membantu mencegah Anda tertular COVID-19

  • Semua vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia di Amerika Serikat telah terbukti sangat efektif dalam mencegah COVID-19. 
  • Semua vaksin COVID-19 yang sedang dalam pengembangan sedang dievaluasi dengan cermat dalam uji klinis dan akan diotorisasi atau disetujui hanya jika mereka membuat kemungkinan Anda terkena COVID-19 jauh lebih kecil. 
  • Berdasarkan apa yang kami ketahui tentang vaksin untuk penyakit lain dan data awal dari uji klinis, para ahli percaya bahwa mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat membantu mencegah Anda dari sakit parah bahkan jika Anda tertular COVID-19.
  • Mendapatkan vaksinasi sendiri juga dapat melindungi orang-orang di sekitar Anda, terutama orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19.
  • Para ahli terus melakukan lebih banyak penelitian tentang efek vaksinasi COVID-19 terhadap tingkat keparahan penyakit dari COVID-19, serta kemampuannya untuk mencegah orang menyebarkan virus penyebab COVID-19.
  • Baca juga: Jokowi Diperiksa Suhu dan Tekanan Darah Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

Vaksinasi COVID-19 adalah cara yang lebih aman untuk membantu membangun perlindungan

  • COVID-19 dapat memiliki komplikasi serius yang mengancam jiwa, dan tidak ada cara untuk mengetahui bagaimana COVID-19 akan memengaruhi Anda. Dan jika Anda sakit, Anda dapat menularkan penyakit tersebut kepada teman, keluarga, dan orang lain di sekitar Anda.
  • Uji klinis semua vaksin harus terlebih dahulu menunjukkan bahwa mereka aman dan efektif sebelum vaksin apa pun dapat diizinkan atau disetujui untuk digunakan, termasuk vaksin COVID-19. 
  • Manfaat yang diketahui dan potensial dari vaksin COVID-19 harus lebih besar daripada risiko yang diketahui dan potensial dari vaksin untuk digunakan di bawah apa yang dikenal sebagai Emergency Use Authorization (EUA). 
  • Tertular COVID-19 mungkin menawarkan perlindungan alami, yang disebut kekebalan. Bukti saat ini menunjukkan bahwa infeksi ulang dengan virus yang menyebabkan COVID-19 jarang terjadi dalam 90 hari setelah infeksi awal. Namun, para ahli tidak tahu pasti berapa lama perlindungan ini bertahan, dan risiko penyakit parah serta kematian akibat COVID-19 jauh lebih besar daripada manfaat kekebalan alami. Vaksinasi COVID-19 akan membantu melindungi Anda dengan menciptakan respons antibodi (sistem kekebalan) tanpa harus mengalami sakit.
  • Kekebalan alami dan kekebalan yang dihasilkan oleh vaksin adalah bagian penting dari penyakit COVID-19 yang coba dipelajari lebih lanjut oleh para ahli, dan CDC akan terus memberi informasi kepada publik saat bukti baru tersedia.
  • Baca juga: Jokowi Disuntik Perdana, Pemerintah Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi COVID-19 akan menjadi alat penting untuk membantu menghentikan pandemi

  • Mengenakan masker dan menjaga jarak membantu mengurangi kemungkinan Anda terpapar virus atau menyebarkannya ke orang lain, tetapi tindakan ini tidak cukup. Vaksin akan bekerja dengan sistem kekebalan Anda sehingga siap melawan virus jika Anda terpapar.
  • Kombinasi vaksinasi dan mengikuti rekomendasi CDC untuk melindungi diri Anda dan orang lain akan menawarkan perlindungan terbaik dari COVID-19.
  • Menghentikan pandemi membutuhkan penggunaan semua alat yang kami miliki. Saat para ahli mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana vaksinasi COVID-19 dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit di masyarakat, CDC akan terus memperbarui rekomendasi untuk melindungi masyarakat dengan menggunakan ilmu pengetahuan terbaru. (Serambinews.com/Syamsul Azman)

Baca juga: BERITA POPULER - Perawat Putus Tangan Meninggal Dunia hingga Ibu Muda Meninggal Tergantung di Abdya

Baca juga: BERITA POPULER – Kematian Pramugari, Postingan Pramugara Sriwijaya, Pembunuhan Gadis Aceh di Medan

Baca juga: BERITA POPULER - Perawat Putus Tangan di Abdya, Pria Dipergoki Mesum hingga Pasangan Gay Digerebek

Penulis: Syamsul Azman
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved