Breaking News:

Berita Bireuen

Ibu-ibu Perajin Kerupuk Tempe di Peusangan Keluh Mahalnya Harga Tepung & Lainnya, Harap Modal Usaha

Namun, keuntungan mereka dari industri rumah tangga itu kini semakin menipis seiring semakin mahalnya harga tepung terigu dan berbagai bahan baku lain

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS 
Kaum ibu di Blang Geulanggang dan Blang Dalam, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Sabtu (30/01/2021) sedang menjemur kerupuk tempe maupun kerupuk jengek. 

Namun, keuntungan mereka dari industri rumah tangga itu kini semakin menipis seiring semakin mahalnya harga tepung terigu dan berbagai bahan baku lainnya untuk pembuatan kerupuk ini. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Ibu-ibu di Gampong Blang Geulanggang, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, sudah lama menjadi perajin kerupuk tempe dan kerupuk jengek di rumah masing-masing. 

Namun, keuntungan mereka dari industri rumah tangga itu kini semakin menipis seiring semakin mahalnya harga tepung terigu dan berbagai bahan baku lainnya untuk pembuatan kerupuk ini. 

Sedangkan harga kerupuk masih sama mereka jual atau masih tetap Rp 10 ribu per kilogram untuk kerupuk tempe. 

Hal ini sebagaimana disampaikan Rosmiati, ibu rumah tangga perajin kerupuk ini di gampong itu kepada Serambinews.com, Sabtu (30/01/2021) disela-sela ia menjemur kerupuk tempe di depan rumahnya itu.

“Beberapa tahun lalu lalu harga tepung terigu satu karung isi 50 kilogram Rp 85.000, harga jual kerupuk tempe Rp 10.000/kilogram. 

Sekarang harga tepung sudah mencapai Rp 158.000/kilogram, harga tempe dibeli masih tetap Rp 10.000/kilogram, sehingga keuntungan semakin kecil,” kata Rosmiati. 

Baca juga: Soal Rencana Pernikahan, Ashanty Yakin Aurel dan Atta Bisa Persiapkan Secepat Kilat

Baca juga: Pasien Covid-19 Sembuh Tambah 18 Orang, Masih Dirawat 984 Orang

Baca juga: Masker Delima untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Bercahaya, Bebas Jerawat hingga Atasi Kulit Kering

Selain harga tepung mahal, kata Rosmiati, harga sejumlah bahan lainnya juga bergerak naik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved