Breaking News:

Berita Bireuen

Mahasiswa KKM Bireuen Bangkitkan Semangat Belajar Anak-anak di Aceh Utara

Kuliah kerja mahasiswa di Desa Siren Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara telah membangkitkan semangat anak-anak belajar.

Dok Umuslim Bireuen
Mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen yang KKM di Aceh Utara mengajarkan anak-anak mengaji. 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON - Kehadiran mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) untuk  melaksanakan kuliah kerja mahasiswa (KKM) di Desa Siren Kecamatan Matangkuli  Kabupaten Aceh Utara telah  membangkitkan semangat anak-anak belajar.

Hal ini terlihat dari antusiasnya anak masyarakat Desa Siren yang merupakan salah satu desa yang tertimpa banjir beberapa waktu lalu, untuk mengikuti pembelajaran dan pendampingan yang diprogramkan mahasiswaKKM.

Anak-anak yang mengikuti program ini rata-rata berusia PAUD dan TK, mereka datang sendiri ke lokasi kegiatan.

Ada sekitar 30 orang anak-anak yang mengikuti program ini, cerita salah seorang mahasiswi Amy Mastura seperti disampaikannya kepada Kabag humas dan kemahasiswaan umuslim ZulkifliMKom

“Untuk mereka kami hanya mengajarkan mengaji dan bacaan Alquran metode Iqra' dan belajar membaca huruf latin serta permainanan pendampingan lainnya, yang kami laksanakan sore hari sepulang mereka dari sekolah,” Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim ZulkifliMKom, kepada Serambinews.com, Minggu (7/2/2021). 

Menurutnya belajar mengaji selama ini, memang ada dilaksanakan  pihak gampong, tetapi yang ikut kegiatan mengaji  hanya sebagian anak-anak saja.

“Alhamdulilalh, sejak ada kami mahasiswa KKM Umuslim, dengan pendekatan yang kami laksanakan, sekarang semua anak-anak yang ada di desa tersebut bersemangat dan antusias mengikutinya,” ujar Zulkifli. Mereka kata Humas Umuslim, datang dengan kesadaran sendiri ke tempat pengajian. 

Ketua Kelompok KKM Desa Siren, Irfan kepada Serambinews.com menyebutkan,  hampir semua anak-anak mengikuti kegiatan mengaji yang kami lakukan, bahkan ada yang tidak sengaja lewat depan balee pengajian, dilihat ada pengajian, mereka langsung masuk bergabung dengan anak yang lain untukmengikuti pengajian tersebut.

Para orang tua saat mengantar  anaknya mengaji turut senang, terlihat dari  wajah mereka sangat  gembira melihat banyak anak-anak yang ikut partisipasi dalam  kegiatan yang diadakan mahasiswa KKM Umuslim. 

Bahkan waktu acara sudah selesai, pada malam hari, ada  ibu-ibu yang membicarakan tentang  kegiatan mengaji tersebut, mereka merespon yang sangat baik dan menginginkan program mengaji tersebut bisa rutin dan diikuti antusias anak-anak kampung tersebut.

Mahasiswa Umuslim yang melaksanakan pengabdiannya di Desa Siren adalah, Chandra Rizki, Irfan, Diana Agustina, Amy Mastura, Miftahul Husna, dan Adia Mawardi.(*)

AFK Aceh Besar Seleksi Pemain Pra PORA di Lapangan Futsal Tumbo Baro, Ini Syarat Pesertanya

Evan Dimas Kembali Dipanggil untuk Perkuat Timnas U-22 Indonesia

DPRK Akan Usulkan Pengganti Anggota KIP Aceh Timur yang Dipecat

Miris, Ridho Rhoma Kembali Tersandung Kasus Narkoba, Kini Diciduk Lagi Gara-gara Pakai Ekstasi

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved