Breaking News:

Berita Kutaraja

Guru SMK dan Alumni Teknik Mesin Dilatih Program CAD, Ini Pelaksana dan Tujuannya

Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT-USK) menggelar pelatihan Computer-Aided Design tingkat lanjut.

For Serambinews.com
Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar pelatihan CAD untuk guru SMK dan alumni di kampus setempat. 

Laporan Saifullah | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (FT-USK) menggelar pelatihan Computer-Aided Design (CAD) tingkat lanjut.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari pada 19-21 Februari 2021 di Gedung JTMI tersebut diikuti 20 peserta yang terdiri dari guru SMK dan alumni Teknik Mesin.

Ketua JTMI FT-USK, Dr Irwansyah, ST, Meng mengatakan, proses perancangan produk di industri saat ini telah bergeser secara signifikan dari yang awalnya mengandalkan teknologi konvensional ke penggunaan sistem yang berbasis teknologi komputer.

Ia melanjutkan, Computer-Aided Design (CAD) merupakan salah satu perangkat hasil perkembangan teknologi komputer yang  berkontribusi nyata pada proses perencanaan, perancangan, dan optimasi produk.

Berpijak dari hal ini, lanjut Dr Irwansyah, maka JTMI berinisiatif menggelar pelatihan CAD bagi kalangan guru SMK se-Banda Aceh dan Aceh Besar serta alumni Teknik Mesin.

Baca juga: YLBH-AKA Siap Beri Bantuan Hukum untuk Warga Nagan Raya

Baca juga: VIDEO Abrasi Pantai Mengganas, Aspal Jalan Terkelupas dan Tertutup Pasir di Meulaboh Aceh Barat

Baca juga: Squash Aceh Sudah Bentuk 17 Pengcab, Siap Sumbang Emas di PON 2024, Begini Paparan Husaini Jamil

“Tujuannya adalah untuk melahirkan tenaga terampil yang dibutuhkan dunia industri sekaligus menambah ilmu dan membekali para guru SMK serta alumni tentang desain berbasis teknologi komputer,” jelasnya.

Dilanjutkan dia, pelatihan tersebut dilakukan dengan metode luring (luar jaringan) atau tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Trainer pada pelatihan ini salah satunya adalah dosen senior di JTMI FT-USK yaitu Ir Asbar Razali, MSME, dan juga Amir Zaki Mubarak, ST, MSc,” bebernya.

Kegiatan ini, terang Dr Irwansyah, merupakan kegiatan pengabdian masyarakat (salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi) hasil kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Syiah Kuala.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Teknik USK, Dr Iskandar, ST, MEng.Sc dalam sambutannya saat pembukaan menekankan pentingnya pembekalan perancangan mesin dengan menggunakan komputerisasi bagi alumni dan guru SMK untuk meningkatkan kompetensi dan berkompetisi di era revolusi industri 4.0.

Baca juga: Disdik Aceh-Jissho akan Kirim Siswa SMK Magang ke Jepang, Aceh Dapat Jatah 1.000 Orang

Baca juga: Mantan Bek Barca Ini Sebut Kepindahan Griezmann ke Barcelona Sebuah Kesalahan Dalam Karier

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Serahkan Penghargaan kepada Gubernur Aceh Hingga Pemkab/Pemko, Ini Data Lengkap

Harapannya, ujar Dr Iskandar, untuk membantu mewujudkan kemandirian tenaga terampil yang siap pakai guna berkompetisi di bidang industri.

“Beragam bentuk pelatihan, baik formal maupun informal secara gencar terus digalakkan untuk memperbanyak tenaga terampil yang mampu mengoperasikan CAD,” ulasnya.

“Terbukti pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi, juga sudah lama terlibat aktif dalam upaya mendidik sumber daya manusia yang memiliki kecakapan dan kompetensi dibidang CAD dengan memasukkan materi tersebut di dalam kurikulum pembelajaran,” tukas Dr Iskandar.(*)

Penulis: Saifullah
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved