Breaking News:

Berita Bireuen

Puskesmas Jeunieb dan Peusangan Bireuen Disiapkan Menjadi RS Tipe D, Ini Tahapannya

Hasil studi kelayakan yang tahun lalu, menyatakan kedua Puskesmas tersebut memenuhi syarat untuk ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe D.

For Serambinews.com
Kadiskes Bireuen, dr Irwan A Gani. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Puskesmas Jeunieb dan Puskesmas Peusangan, Bireuen sejak beberapa waktu lalu sudah disiapkan menjadi rumah sakit tipe D dan tahun ini memasuki proses izin operasional.

Hal tersebut disampaikan Kadiskes Bireuen, dr Irwan A Gani kepada Serambinews.com, Selasa (23/02/2021) terkait dengan pertanyaan warga dalam Musrenbang di Jeunieb, Senin (22/02/2021).

Disebutkan, dalam pertemuan Musrenbang di Jeunieb, masyarakat Jeunieb kembali mempertanyakan  wacana menjadikan Puskesmas Jeunieb ditingkatkan status sebagai rumah sakit tipe D untuk wilayah barat dan Puskesmas Peusangan untuk rumah sakit tipe D wilayah timur.

Kadiskes menjelaskan, usulan Puskesmas Jeunieb dan Puskesmas Peusangan sebagai rumah sakit tipe D  sudah dilakukan studi kelayakan tahun lalu mulai dari geografis, jumlah penduduk, jarak tempuh dengan rumah sakit lainnya dan beberapa ketentuan lainnya.

Selama ini, jika masyarakat dari kawasan Jeunieb atau wilayah barat Bireuen yang ingin mendapatkan pelayanan rumah sakit tipe D maka mereka pergi ke rumah sakit swasta di Bireuen, begitu juga masyarakat wilayah Peusangan karena belum ada rumah sakit tipe D.

Hasil studi kelayakan tahun lalu, keduanya Puskesmas tersebut memenuhi syarat untuk ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe D.

“Studi kelayakan sudah dilakukan dan hasilnya layak di kawasan tersebut dibangun rumah sakit tipe D,” ujarnya.

Sekarang dalam persiapan membuat Detail Engineering Design (DED), mempersiapkan master plan dan berbagai ketentuan lainnya. Setelah itu, Dinkes segera mengajukan usulan untuk mendapatkan izin operasional.

“Tahun ini rencana mengajukan usulan izin operasional dengan melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan,” ujar Kadiskes.(*)

Baca juga: Syech Fadhil Sorot Penangkapan Pemuda ‘Perakit Senjata’ dari Aceh Jaya: Ini Pesannya untuk Polisi

Baca juga: China Tangkap Seorang Blogger, Merendahkan Perjuangan Tentara Melawan India

Baca juga: Dukung UMKM, Pimpinan  Bank Aceh Syariah Bireuen Beli Aneka Produk Kreasi Ibu PKK Kuala

Baca juga: Viral Anggota DPRD Sebut Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 seperti Binatang, Berakhir Minta Maaf

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved