Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kakanwil Kemenag Aceh Launching Bimbel UTBK SBMPTN 2021 untuk Siswa MA se-Aceh

program bimbingan belajar (bimbel) dan try out (uji coba) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Penulis: Said Kamaruzzaman
Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal Muhammad, meluncurkan program bimbel dan try out UTBK SBMPTN 2021 untuk siswa MA se-Aceh, Senin (29/3/2021). 

SERAMBINEWS.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Dr H Iqbal Muhammad MA, meluncurkan (launching) program bimbingan belajar (bimbel) dan try out (uji coba) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 untuk siswa-siswi yang duduk di bangku kelas III Madrasah Aliyah (MA) se-Aceh.

Lauching berlangsung di ruang rapat Kakanwil Kemenag Aceh, Senin (29/3/2021), dan disiarkan ke seluruh MA di Aceh secara online. Hadir dalam acara tersebut para pejabat kependidikan di Kanwil Kemenag, tim Madrasah Development Centre (MDC), pelatih bimbel, dan beberapa perwakilan siswa MA.

Program bimbel dan try out ini adalah tindaklanjut dari rekomendasi Tim MDC atau Pusat Pengembangan Madrasah. Tim MDC terdiri pakar dan praktisi pendidikan, guru/dosen dan pejabat jajaran Kanwil Kemenag Aceh.

Baca juga: Ini Tiga Poin Pernyataan Sikap Partai Aceh Untuk Disampaikan Ke Presiden Jokowi

“Kami mengapresiasi hasil kajian dari MDC, guru, dan tim dari jajaran Kemenag Aceh. Program bimbel dan try out ini berangkat dari keprihatinan kita melihat daya saing anak-anak Aceh yang rendah pada UTBK tahun lalu,”kata Iqbal dalam sambutannya sebagaimana dikutip Hasan Basri M Nur, anggota MDC, dalam siaran pers kepada Serambi.

Dengan adanya bimbel secara virtual kepada seluruh anak-anak kelas III MA di seluruh Aceh, Iqbal mengharapkan agar anak-anak Aceh (termasuk yang jauh dari perkotaan) mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di PTN favorit atau yang diidamkan.

“Walaupun waktunya sangat singkat mengingat UTBK sudah sangat dekat, tapi kami mengharapkan hasil yang maksimal dari program ini. Para guru dan kepala MA di daerah harus mendampingi anak-anak didik secara optimal dalam bimbel ini,” pesan Iqbal.

Baca juga: Sejarah Indonesia Ekspor Opium, Untuk Gaji Pegawai Pemerintah Hingga Barter Dengan Senjata

Sementara Ketua MDC Aceh, Dr Sofyan A Gani, mengaku gembira atas pelibatan pihaknya dalam mendiskusikan mutu pendidikan madrasah di bawah Kanwil Kemenag Aceh.

“Bimbel dan try out adalah program mendesak dan super pendek yang berhasil kita rintis. Dalam waktu dekat kita akan bahas program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk pengembangan madrasah di Aceh,” ujar Sofyan A Gani.

Baca juga: Muhammad Ridho Tewas Ditembak OTK di Medan, Istri Tak Henti Menangis, Korban Ketua Remaja Masjid

Sekolah Ikatan Dinas

Abdullah Manaf, Pelatih bimbel, dalam sambutannya mengusulkan kepada Kanwil Kemenag dan MDC agar ke depan ikut memikirkan pola dan aksi bimbingan untuk anak-anak MA sehingga tertarik untuk ikut seleksi sekolah ikatan dinas seperti STPDN, Akpol, Akmil, STAN dan lain-lain.

“Semoga bimbel ini menjadi cikal bakal dalam membina anak-anak MA di Aceh meraih kursi pada sekolah-sekolah ikatan dinas ke depannya,” kata Manaf yang mengaku selalu bersedia membantu Kemenag Aceh.

Baca juga: Caleg di India Janji Bangun Gunung Es agar Penduduk tak Kepanasan

Ketua Panitia Bimbel dan Try Out UTBK 2021 Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Nasruddin MAg, melaporkan bahwa kegiatan akan dilakukan secara virtual ke seluruh MA di Aceh mulai tanggal 30 Maret sampai 10 April 2021.

“Kegiatan bimbel dimulai Selasa besok hingga tanggal 10 April 2021. Tanggal 12 April anak-anak akan ikut UTBK,” katanya.

Nasruddin menambahkan, tujuan bimbel ini adalah untuk membimbing tata cara mengisi soal-soal UTBK kepada siswa-siswi MA se-Aceh agar mereka tidak syok ketika ujian berlangsung.(*)

Baca juga: Penyimpangan Ratusan Juta Dana Desa Dilaporkan Ke Kejari Nagan Raya, Keuchik Akui Salah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved