Breaking News:

Berita Aceh Barat

Cuaca Buruk, Banyak Nelayan tak Melaut, Harga Ikan di Pasar Meulaboh Naik Drastis, Ini Rinciannya

Banyaknya nelayan tak melaut akibat cuaca buruk berdampak terhadap minimnya persediaan ikan, seperti di Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

SERAMBINEWS.COM/SA’DUL BAHRI
Pedagang menyusun ikan dalam fiber pengawetan, Senin (5/4/2021) di kawasan TPI Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Harga ikan tongkol mencapai Rp 25 ribu per kilogram. 

Banyaknya nelayan tak melaut akibat cuaca buruk berdampak terhadap minimnya persediaan ikan, seperti di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), kawasan Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Harga jual ikan di kawasan Pasar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Senin (5/4/2021) mulai melonjak karena minimnya hasil tangkapan nelayan sejak beberapa hari belakangan ini.

Banyaknya nelayan tak melaut akibat cuaca buruk berdampak terhadap minimnya persediaan ikan, seperti di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), kawasan Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat

Stok ikan yang terbatas serta harga yang tinggi diperkirakan akan berlangsung hingga mendatang.

“Kenaikan harga ikan saat ini dipicu karena minimnya persediaan lantaran nelayan banyak yang tidak melaut karena cuaca buruk.

Sedangkan harga ikan tongkol yang sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram, saat ini harganya mencapai Rp 25 per kilogram” jelas salah satu pedagang ikan di TPI Pasar Meulaboh, Ali Hamzah kepada wartawan, Senin (5/4/2021).

Disebutkan, bahwa kondisi kenaikan ikan tersebut sudah berlangsung selama satu pekan lalu.

Baca juga: VIDEO Adu Cantik Ikan Cupang Pada Ajang Koetaradja Betta Battle di Banda Aceh

Baca juga: Laka Lantas di Jalan Nasional Kawasan Labuhan Haji Barat Aceh Selatan, Truk Bermuatan Sawit Terbalik

Baca juga: Ribuan Warga Pakistan Beli Vaksin Covid-19, Langsung Habis Diserbu Warga Karachi

Selain stok ikan tongkol, berbagai jenis ikan segar lainnya harganya juga naik drastis, seperti ikan tuna yang sebelumnya Rp 25 ribu kini mencapai Rp 35 ribu per kilogram.

Sedangkan ikan jenis kembung dari harga Rp 40 ribu melonjak ke Rp 50 ribu, ikan campuran biasanya Rp 300 ribu per timba isi 10 kilogram, kini menjadi Rp 500 ribu per timba. 

Sementara para pedagang khawatir stok ikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan para pembeli menjelang Ramadhan mendatang.

Terkait masalah tersebut, para pedagang berencana akan mendatangkan ikan dari luar jika kebutuhan ikan nantinya tidak mencukupi. 

Namun jika dalam waktu dekat stok ikan bertambah dari para nelayan, tentu ikan dari luar tidak akan masuk sebagai antisipasi untuk kebutuhan pembeli. (*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved