Breaking News:

Suara Parlemen

Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan untuk 14 Kepala Badan Penyuluh Pertanian 4 Daerah di Aceh

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Muslim SHI MM, Selasa (7/4/2021) menyerahkan bantuan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber...

For Serambinews.com
Muslim SHI saat menyerahkan bantuan kepada BPP. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Muslim SHI MM, Selasa (7/4/2021) menyerahkan bantuan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Pusat kepada 14 Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BPP) di Kabupaten Bireuen, Kota Lhokseumawe dan Kota Langsa. Bantuan berupa komputer dan perangkat internet.

Bantuan tersebut merupakan komitmen dan konsistensi Muslim dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya penyuluh di BPP yang di era sekarang ini telah bertransformasi menjadi Kostra Tani.

Dalam kesempatan itu, Muslim menyampaikan bahwa transformasi BPP menjadi Kostra Tani telah mengubah dan  menguatkan peran BPP dalam memajukan sektor pertanian.

Dengan kelembagaan yang baru ini, BPP tidak  hanya berperan sebatas fungsi kepenyuluhan, tetapi juga sebagai penyuplai dan menjadi basis utama data pertanian Indonesia.

"Harus diakui data pertanian  kita carut-marut. Ketidakakuratan ini menjadikan intervensi dan kebijakan yang dilakukan pemerintah terkadang bias dan tidak tepat sasaran. Tanpa dukungan data yang kredibel dan akurat, pertanian Indonesia akan selalu jalan di tempat dan bahkan bergerak mundur. Apalagi di era revolusi industri 4.0 ini, di mana pertanian telah bertransformasi ke smart farming, cyber farming dan artificial intelligent farming system, dan lainnya, kebutuhan akan keakuratan data dan informasi semakin tak terhindarkan," ujar Muslim.

Tak lupa, Muslim menyampaikan kepada Kepala BPP dan penyuluh agar menjaga, merawat dan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Legislator yang juga Kepala Departemen IV DPP Partai Demokrat ini juga berpesan agar penyuluh melek teknologi dan harus mengupdate informasi pertanian di wilayahnya secara akurat dan berkala, agar bisa menjadi basis data pembangunan pertanian Indonesia.(*)

Baca juga: Cegah Kebisingan, Satlantas Polres Lhokseumawe Tingkatkan Penertiban Knalpot Racing

Baca juga: Matador FC Juara Piala Irpannusir Cup I

Baca juga: Perdagangan Arab dan China Capai Rp 3.489 Triliun Sepanjang 2020

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved