Breaking News:

Operasi Amfibi

Pesawat Tempur F-16 Ikut Latihan Gabungan dalam Operasi Amfibi di Selat Gelasa

Usai mensimulasikan BTU dan SUL, pesawat tempur F-16 TNI AU berperan sebagai pesawat udara musuh yang siap menembakan rudal anti kapal permukaan.

SERAMBINEWS/Dok Koarmada I
Pesawat tempur TNI AU F-16 Fighting Falcon ikut latihan operasi amfibi di Perairan Selat Gelasa, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Senin (12/4/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,JAKARTA - Kehadiran pesawat tempur TNI AU F-16 Fighting Falcon di tengah formasi unsur-unsur Kogasgabfib menjadikan latihan operasi pendaratan amfibi mendekati ril.

Ini terjadi ketika unsur-unsur Kogasgabfib berada di Perairan Selat Gelasa, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Senin (12/4/2021).

Bak latihan gabungan sesungguhnya, TNI AL dan TNI AU established komunikasi terjalin antara KRI dan pesawat tempur TNI AU.

Diawali dengan serial Air Joining Procedure (AJP) untuk mengidentifikasi pesawat kawan atau lawan.

Unsur-unsur F-16 TNI AU ini terbang mendekati konvoi untuk memberikan Bantuan Tembakan Udara (BTU) dan Serangan Udara Langsung (SUL) terhadap kekuatan Armada Laut atau kekuatan udara lawan yang mengancam konvoi Kogasgabfib.

KRI Bung Tomo-357 sebagai koordinator peperangan melaksanakan komunikasi dengan pesawat tempur TNI AU F-16 dari skuadron 6 Pekanbaru.

Komunikasi yang terjalin antara keduannya merupakan bukti interoperability TNI AL dengan TNI AU dalam operasi gabungan TNI.

2 Wanita Diduga Terlibat Jaringan Ratusan Kg Sabu Ditemukan di Jeunieb, Satu Ditangkap, 1 Masih DPO

Fakta Ratusan Kg Sabu Ditemukan di Jeunieb, Dikendali Napi LP, Libatkan Wanita dan Ditemukan Senpi

Radar udara KRI Bung Tomo-357 mendeteksi adanya dua pesawat udara mendekati konvoi dari baringan atau sudut pendekatan yang telah ditentukan sebagai pengenal bahwa pesawat tersebut adalah pesawat tempur kawan, selain metode identifikasi kawan atau lawan menggunakan komunikasi dan sandi gerakan atau manuver terbang.

Usai mensimulasikan BTU dan SUL, pesawat tempur F-16 TNI AU berperan sebagai pesawat udara musuh yang siap menembakan rudal anti kapal permukaan.

Halaman
12
Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved