Breaking News:

Berita Abdya

Sebagian Muslim di Abdya Baru Laksanakan Tarawih pada Selasa Malam Ini

Sebagian masjid di Abdya baru melaksanakan shalat tarawih pada Selasa malam ini, dan mulai melaksanakan ibadah puasa para Rabu besok.

Serambinews.com
Warung Kopi di Jalan Iskandar Muda, Gampong Keude Paya, Blangpidie, Abdya, tetap buka sampai Selasa (13/4/2021), karena terjadi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 1442 H/2021 M, sehingga sebagian umat berpuasa, sebagian lainnya belum. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), terjadi perbedaan.

Penetapan awal ramadhan tidak serentak di daerah terdiri dari sembilan wilayah kecamatan itu dilaporkan memang sering terjadi, dan terulang lagi tahun ini. 

Amatan Serambinews.com, prosesi shalat tarawih tampak dilaksanakan di sebagian masjid di Kabupaten Abdya pada Senin (12/4/2021) malam, untuk melaksanakan 1 Ramadhan 1442 H pada Selasa (13/4/2021), hari ini, sesuai penetapan Pemerintah melalui Menteri Agama RI,  diumumkan Senin malam.

Sedangkan sebagian besar masjid lainnya di Kabupaten Abdya, baru melaksanakan shalat tarawih pada Selasa (13/4/2021) malam ini, untuk melaksanakan ibadah puasa mulai Rabu (14/4/2021) besok.

Keterangan diperoleh Serambinews.com, di Kecamatan Blangpidie, kegiatan shalat tarawih, Senin malam antara lain di Masjid Agung Baitul Ghafur, masjid milik Pemkab  Abdya di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Shalat terawih juga dilaksanakan di Masjid At-Taqwa Blangpidie di Desa Keude Siblah, dan Masjid Nurul Yaqin di Desa Keude Siblah Kecamatan Blangpidie. 

Baca juga: Aceh Besar Gelar Ramadhan Berkah di Sekolah, Tahsin Alquran Hingga Praktik Shalat

Baca juga: Cuaca Kondusif, Nelayan Mulai Lakukan Persiapan Melaut

Baca juga: Kepala KPPN Kota Banda Aceh: Tak Ada Antrean dalam Pencairan Dana Desa maupun BLT

Sekitar 17 masjid dan mushalla yang dikelola organisasi Muhammadiyah di sembilan kecamatan sejak Babahrot sampai Lembah Sabil, sudah melaksanakan shalat tarawih sejak Senin malam, dan berpuasa mulai Selasa, hari ini.

Sebagian masjid dalam sembilan kecamatan di Abdya, belum aktivitas shalat tarawih pada Senin malam, karena   jamaah  menunggu penetapan awal Ramadhan 1442 H dari sejumlah ulama pimpinan dayah yang turun ke sejumlah titik  untuk memantau hilal (bulan) sejak Senin sore.

Hasil pemantauan hilal dilaporkan dalam sidang isbat Tim Rukyah di Masjid Jamik Baitul Adhim, Blangpidie. Sidang isbat yang digelar, Senin (12/4/2021) malam, menetapkan 1 Ramadhan 1442 H/2021 M jatuh pada Rabu tanggal 14 April 2021, karena saat itu hilal belum terlihat.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved