Breaking News:

Kesehatan

Dijamin Bebas Dehidrasi, Ini Tips Sukses Berpuasa untuk Ibu Menyusui, Termasuk Atur Pola Makan Minum

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ibu yang sedang menyusui apabila ingin berpuasa, seperti asupan nutrisi hingga memenuhi cairan tubuh.

IST via Tribun Palu
Ilustrasi ibu menyusui 

SERAMBINEWS.COM - Dalam anjuran agama Islam, ibu yang sedang menyusui memang diberi kelonggaran untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan.

Sebagai gantinya, sang ibu harus menggantinya dengan berpuasa di lain hari (qadha) atau membayar fidyah.

Namun, jika si ibu ingin berpuasa seperti anggota keluarga lainnya, tak ada masalah.

Hanya saja, si ibu yang sedang menyusui wajib memperhatikan beberapa hal terkait pasokan air susu ibu (ASI) untuk si bayi.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ibu yang sedang menyusui apabila ingin berpuasa, seperti asupan nutrisi hingga memenuhi cairan tubuh.

dr Lia Subhan yang merupakan Kepala divisi EdukASI dan Pelatihan Komunitas Aceh Menyusui menyebutkan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui sebelum berpuasa.

dr Lia Subhan (tengah), Kadiv EdukASI dan Pelatihan Komunitas Aceh Menyusui, dr Lia Shuban saat menjadi narasumber dalam KBS Samara dengan tema “Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui,” yang disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM dan media sosial milik Serambi lainnya, Minggu (18/4/2021).
dr Lia Subhan (tengah), Kadiv EdukASI dan Pelatihan Komunitas Aceh Menyusui, dr Lia Shuban saat menjadi narasumber dalam KBS Samara dengan tema “Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui,” yang disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM dan media sosial milik Serambi lainnya, Minggu (18/4/2021). (Serambinews.com )

Baca juga: Ibu Menyusui Ingin Berpuasa di Bulan Ramadhan? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Penuhi asupan nutrisi dan cairan

Lewat Podcast Serambi FM dan disiarkan langsung melalui Facebook Serambinews.com pada Minggu (18/4/2021), dr Lia Subhan megungkapkan dua supan penting yang harus dikonsumsi oleh si ibu.

Si ibu yang sedang menyusui dan ingin berpuasa harus memenuhi asupan nutrisi dan asupan cairan sehingga dapat memproduksi ASI maksimal meski sedang berpuasa.

"Yang paling penting asupan nutrisi dan asupan cairan," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved