Breaking News:

Kesehatan

Ibu Menyusui Ingin Berpuasa di Bulan Ramadhan? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Mulai dari asupan makanan hingga cairan, ini hal penting yang harus diperhatikan bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa di bulan Ramadhan.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Thinkstockphotos
Ilustrasi ibu menyusui 

SERAMBINEWS.COM - Ibu menyusui ingin berpuasa di bulan Ramadhan? Ini hal penting yang harus diperhatikan sebelum menjalankan rukun Islam yang ketiga itu.

Pada dasarnya, ibu yang sedang menyusui memang diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun, sebelum menjalankan ibadah puasa, ibu menyusui wajib memperhatikan beberapa hal terkait asupan si bayi.

Saat hamil, puasa kerap dianggap mengkhawatirkan terutama terhadap asupan nutrisi janin. Nah, saat menyusui, puasa pun dianggap bisa menurunkan produksi air susu ibu (ASI).

Ibu menyusui dibolehkan tidak berpuasa bila khawatir terhadap bayi yang dia sapih. Misalnya si ibu takut bayinya kekurangan asupan ASI, maka boleh baginya untuk tidak berpuasa.

Lalu, bagaimana jika ibu yang sedang menyusui tetap ingin menjalankan ibadah puasa? Apa saja yang perlu diperhatikan tentang puasa bagi ibu yang tengah menyusui?

Berikut ini penjelasan dr Lia Shuban, Kadiv Edukasi dan Pelatihan Komunitas Aceh Menyusui yang tayang pada Podcast Serambi FM dan disiarkan langsung melalui Fanpage Facebook Serambinews.com pada Minggu (18/4/2021), terkait puasa bagi ibu yang tengah menyusui.

dr Lia Subhan (tengah), Kadiv EdukASI dan Pelatihan  Komunitas Aceh Menyusui, dr Lia Shuban saat menjadi narasumber dalam KBS Samara dengan tema “Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui,” yang disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM dan media sosial milik Serambi lainnya, Minggu (18/4/2021).
dr Lia Subhan (tengah), Kadiv EdukASI dan Pelatihan Komunitas Aceh Menyusui, dr Lia Shuban saat menjadi narasumber dalam KBS Samara dengan tema “Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui,” yang disiarkan langsung melalui Radio Serambi FM dan media sosial milik Serambi lainnya, Minggu (18/4/2021). (Facebook Serambinews.com)

Dalam penjelasan tersebut, dr Lia Shubhan menyarankan puasa bagi ibu yang tengah menyusui untuk memperhatikan beberapa asupan penting.

Adapun asupan penting itu seperti asupan nutrisi dan asupan cairan yang harus dipenuhi bagi ibu menyusui yang akan menjalankan puasa.

"Bila ibu menyusui ingin berpuasa, yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisinya dan asupan cairannya," ujar dr Lia Subhan.

Asupan tersebut dapat dipenuhi saat makan sahur, makanan takjil saat berbuka puasa dan saat makan malam.

Penting untuk diingat, saat berpuasa bagi ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan pola makan.

Konsumsilah makanan sehat banyak mengandung nutrisi, cairan dan hindari makanan yang melalui proses masak digoreng.

"Yang paling penting itu asupan saat sahur, berbuka pada takjilnya kemudian saat makan malamnya. kebanyakan sahurnya itu sembarangan, seperti makan bak mie goreng dan nasi goreng," lanjut dr Lia Subhan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved