Breaking News:

Berita Aceh Barat

Bupati Aceh Barat Serahkan LKPJ ke DPRK, Angka Pengangguran dan Kemiskinan Menurun

Bupati Aceh Barat, Ramli MS yang diwakili oleh Sekda Marhaban, Kamis (22/4/2021) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)....

For Serambinews.com
Sekda Aceh Barat, Marhaban menyerahkan LKPJ tahun 2020 kepada Wakil DPRK Aceh Barat H Kamaruddin, Kamis (22/4/2021) yang berlangsung dalam sidang paripurna di Gedung DPRK di Meulaboh. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Bupati Aceh Barat, Ramli MS yang diwakili oleh Sekda Marhaban, Kamis (22/4/2021) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), tahun 2020 yang berlangsung dalam Rapat Paripurna II masa sidang I di gedung DPRK di Meulaboh.

Rapat Paripurna ini turut dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRK Aceh Barat, para asisten dan para kepala SKPK, para camat di lingkup pemerintahan setempat.

“Pelaporan pertanggungjawaban kinerja merupakan sebuah agenda tahunan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah daerah bersama DPRK,” kata Sekda Aceh Barat Marhaban, usai menyerahkan LKPJ tersebut.

Disebutkan, bahwa hal tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah selaku penyelenggara pemerintahan kepada rakyat Aceh Barat untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Marhaban menjelaskan, bahwa pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2020 mengacu pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 yang sejalan dengan visi misi Bupati Aceh Barat yaitu terwujudnya Aceh Barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel, dan terintegrasi.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi, Marhaban menyampaikan bahwa inflasi tahunan pada tahun 2020 di Kabupaten Aceh Barat sebesar 4,24 persen masih dalam kategori terkendali jika dibandingkan inflasi tahunan Provinsi Aceh yang sebesar 3,59 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2020 sebesar 1,87 persen, angka ini turun jika dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 4,99 persen.

Kondisi pandemi covid-19 yang terjadi di sepanjang tahun 2020 memberikan dampak serius pada pembangunan ekonomi di Aceh Barat.

Marhaban menyebutkan, bahwa persentase penduduk miskin Aceh Barat mengalami penurunan, dari sebesar 18,79 persen pada tahun  2019 menjadi  18,34 persen pada tahun 2020 atau turun sebesar 2,39 persen selama 1 tahun.

Halaman
123
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved