Breaking News:

Kupi Beungoh

Kunjungan Ramadhan ke AD Pirous: Ali Hasymi, Cinta Meulaboh, dan Universitas Teuku Umar (V)

Dalam sejarah USK dan UIN Ar-Raniry belum ada penjelasan yang runtut tentang Asbabun Nuzul kedua gambar ulama besar itu.

Editor: Zaenal
Kiriman Marshal
Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Gracia Billy Mambrasar meresmikan Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Teuku Umar di Meulaboh, Aceh Barat, Rabu (17/2/2021). 

Oleh: Ahmad Humam Hamid*)

KALAULAH gambar tokoh besar yang dijadikan “ikon’-nya universitas, terutama pada USK, UIN Ar-Raniry, dan UTU Meulaboh, akan muncul pertanyaan, apa sesungguhnya yang menjadi perbedaan besar dari gambar ketiga tokoh yang menjadi kebanggaan civitas akademikanya masing-masing?

Apa yang membuat Syekh Abdurrauf As Singkili, Syekh Nuruddin Ar-Raniry, dan Teuku Umar berbeda asal dan pesan gambarnya masing-masing kepada kita?

Ketiga gambar itu mempunyai kelebihan yang berbeda.

As Singkili dan Ar-Raniry hidup pada abad ke 17, zaman di mana fotografi belum tersedia, dan membuat lukisan makhluk atas nama apapun tidak banyak dipraktekkan di dunia Islam.

Akibatnya ketika Soekarno akan ke Aceh, meresmikan pembukaan Kopelma Darussalam, Ali Hasyimi kelabakan untuk menerangkan ikon visual kedua tokoh besar itu.

Dalam sejarah USK dan UIN Ar-Raniry belum ada penjelasan yang runtut tentang Asbabun Nuzul kedua gambar ulama besar itu.

Cerita berikut saya peroleh dari alm Dr. Gade Ismail, sejarawan Aceh asal Meureudu, ketika saya mengunjungi beliau pada musim gugur 1989 di Leiden.

Gade yang saat itu sedang menyelesaikan disertasinya tentang sejarah ekonomi Aceh, mengajak saya ke Berlin pas berkebetulan kami berangkat dan tiba hanya 3 jam setelah tembok Berlin dirobohkan.

Dalam perjalanan pulang dengan kereta api Train a Grande Vitesseke -TGV, ke Leiden, ketika kereta melewati kota Ostend di Belgia, Gade bercerita banyak tentang sisa benteng Napoleon di kota itu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved