Breaking News:

Ramadhan 2021

Menjaga Tradisi Leluhur, Disbudpar Aceh Gelar Khanduri Ie Bu Peudah

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak berupa dialog dengan sejarawan/budayawan. Serta memasak ie bu peudah yang akan dibagikan kepada pengguna jala

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto Disbudpar Aceh.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin saat melihat proses memasak Ie Bu Peudah di Gampong Bueng Bak Jok, Kutabaro, Aceh Besar, Rabu (5/5/2021). Kunjungan itu merupakan safari Khanduri Ie Bu Peudah. 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Khanduri Ie Bu Peudah pada, 5-8 Mei 2021.

Khanduri Ie Bu Peudah merupakan upaya untuk melestarikan tradisi leluhur, yaitu memasak sajian kaya akan rempah ini di saat bulan Ramadhan.

Rangkaian kegiatan dibagi dalam dua sesi, yaitu Safari ke sejumlah gampong di wilayah Aceh Besar, yang masih sangat kental dalam menjaga tradisi memasak ie bu peudah, dari 5 hingga 7 Mei 2021.

Ada tiga Gampong yang disambangi selama safari, yaitu dimulai kemarin di Gampong Bueng Bak Jok, lalu hari ini di Bueng Sidom, dan besok di Gampong Lampoh Keude, yang semuanya berada di Aceh Besar.

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak berupa dialog dengan sejarawan/budayawan. Serta memasak ie bu peudah yang akan dibagikan kepada pengguna jalan dan panti asuhan, pada Sabtu (8/5/2021) di Museum Aceh, Banda Aceh.

Hari Pertama Larangan Mudik, Tiga Mobil di Perbatasan Aceh Singkil - Tapteng Diminta Putar Balik

Covid-19 Terus ‘Amuk’ India, Lebih 400.000 Kasus Dalam Sehari Terjadi di Negeri Bollywood Tersebut

Penyelenggaraan khanduri Ie Bu Peudah ini menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat, yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menghindari Kerumunan.

Panitia juga menyediakan peralatan Protokol Kesehatan, seperti masker, handsanitizer, disinfektan, sabun cair, Alat Pendeteksi Suhu Tubuh dan Tempat Cuci Tangan.

Kegiatan ini memperkenalkan salah satu Kuliner aceh kepada masyarakat secara luas. Untuk diketahui, salah satu andalan dalam dunia pariwisata Aceh adalah sektor kuliner yang kaya akan cita rasa.

Ie Bu Peudah merupakan masakan tradisional Aceh yang merupakan sejenis bubur, yang bahan bakunya menggunakan 44 jenis rempah-rempah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved