Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Hilal tak Terlihat di Lhokseumawe, Ramadhan Digenapkan 30 Hari, 1 Syawal 1442 H Dipastikan 13 Mei

Tim Rukyah berjumlah puluhan orang itu berasal dari unsur Kemenag Kota Lhokseumawe, Kemenag Aceh Utara, IAIN Lhokseumawe, dan santri dayah.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Saifullah
For. Serambinews.com
Tim hisab rukyat melakukan pemantauan hilal di Lhokseumawe, Selasa (11/5/2021). 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kota Lhokseumàwe, IAIN Lhokseumawe, dan sejumlah unsur terkait telah selesai melakukam rukyat hilal dalam penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah, Selasa (11/5/2021).

Lokasi rukyat dipusatkan di Bukit Blang Tiron, Kompleks Perumahan PT Perta Arun Gas (PAG), Batuphat, Lhokseumawe.

Tim Rukyah berjumlah puluhan orang itu berasal dari unsur Kemenag Kota Lhokseumawe, Kemenag Aceh Utara, IAIN Lhokseumawe, dan santri dayah di Aceh Utara.

Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is  menjelaskan, hazil rukyat yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak terlihat hilal di Lhokseumawe.

"Hal ini terjadi karena kondisi hilal masih di bawah ufuk saat matahari terbenam," kata Ismail kepada Serambinews.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Video Viral, Kecelakaan Mobil Vs Sepmor, Tumbangkan Tiang Listrik Hingga Satu Korban Meninggal

Baca juga: Sambut Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, Kodim Aceh Jaya Bagikan Daging Meugang kepada Prajurit

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Dandim Ingatkan Warga Disiplin Protkes dan Biasakan Memakai Masker

Tgk Ismail kembali menjelaskan, dengan pendekatan Ilmu Falak, sudah bisa dipastikan bahwa Hari raya Idul Fitri akan serentak di Indonesia pada hari Kamis 13 Mei 2021 dengan jumlah hari pada bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari. 

Hal ini dikarenakan pada saat Matahari terbenam hari Selasa 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H, kondisi hilal di Indonesia masih di bawah ufuk barat, sehingga jumlah hari bulan Ramadhan 1442 H harus digenapkan menjadi 30 hari.

Diuraikan dia, konjungsi geosentrik atau ijtma’ yaitu peristiwa ketika nilai bujur ekliptika Bulan sama dengan nila ekliptika Matahari dengan diandaikan pengamat berada di pusat Bumi. 

Peristiwa ini kembali terjadi pada Rabu dini hari 12 Mei 2021 pukul 01.59.47 WIB atau pukul 02.59.47  WITA atau pukul 03. 59.47  WIT. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved