Breaking News:

Jeruk Patek

Jeruk Patek Rajai Pasar Buah di Banda Aceh, Jeruk Berastagi Masih Rp 40.000 Per Kilogram

Kelangkaan jeruk asal Berastagi atau jeruk medan ini di Banda Aceh dan Aceh Besar dimanfaatkan para petani jeruk di Patek, Aceh Jaya, untuk memanen je

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Ansari Hasyim
Ilustrasi 

Laporan Yarmen Dinamika I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sejak minggu kedua puasa Ramadhan hingga memasuki 1 Syawal 1442 Hijriah (hari pertama Lebaran Idulfitri) di Banda Aceh jeruk madu asal Berastagi, Sumatera Utara atau disebut juga "jeruk medan" masih tetap langka.

Kalaupun ada dijual di satu dua kios buah, harga jeruk ini masih melonjak, mencapai Rp 40.000/kilogram (kg).

Harga Rp 40.000/kg ini bertahan sejak 25 April lalu saat jeruk madu langka di pasaran.

"Langkanya jeruk madu di Banda Aceh disebabkan sedang tidak musim jeruk di Berastagi. Saya sudah lama pesan, tapi tak datang-datang," kata Sri Kurniati (47), pedagang buah di pinggir Jalan Panglima Nyak Makam, Lampinueng, Banda Aceh, Rabu (12/5/2021) malam.

Kelangkaan jeruk asal Berastagi atau jeruk medan ini di Banda Aceh dan Aceh Besar dimanfaatkan para petani jeruk di Patek, Aceh Jaya, untuk memanen jeruknya dalam jumlah banyak. Lalu, dijual ke Banda Aceh.

Ikut Turun dalam Aksi Demontrasi, Aktris Palestina Maisa Abd Elhadi Tertembak Polisi Israel

Hamas Punya Pabrik Senjata Bawah Tanah, Rudal Terbaru hingga Pasukan Elite yang Ditakuti Israel

Alhasil, dalam seminggu terakhir hingga awal Lebaran ini jenis jeruk yang terlihat mendominasi di pasar buah Banda Aceh adalah jeruk patek.

Secara kasatmata, jeruk patek ini beda dengan jeruk madu asal Berastagi.

Jeruk yang dibudidayakan dalam skala luas di Berastagi ini memiliki ciri rasa yang manis, kaya akan kandungan air, serta bentuk bulirnya yang lebih besar.

Bila dilihat dari tampilan luar, jeruk medan ini tak semenarik jenis jeruk mandarin yang warnanya oranye cerah. Namun, jeruk ini mudah lekang dari kulitnya dan di tengahnya terkadang ada semacam getah yang mirip madu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved