Breaking News:

Berita Bireuen

Komisi B DPRD Sumut Kunjungi Lokasi Penanaman Porang dan Jernang di Bireuen

Dua tanaman telah berhasil dibudidaya di Bireuen yang menjadi sasaran peninjuaan ini yaitu Porang dan Jernang.

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Dok Distanbun Bireuen
Tim Komisi B DPRD Sumatera Utara, Kamis (27/05/2021) melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembibitan Jernang berada di Gampong Alue Sijuk, Peudada, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Tim Komisi B dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara (DPRD-SU), Kamis (27/05/2021) melakukan kunjungan kerja kelokasi pengembangan budidaya tanaman porang sejenis umbi-umbian dan tanaman Jernang di dua lokasi terpisah di Bireuen.

Informasi diperoleh Serambinews.com,  tim komisi B DPRD-SU   terdiri dari   ketua komisi H Dhody Thahir SE MA didampingi oleh Wakil Ketua Ziera Salim Ritonga SE, Sekretaris Ahmad Hadian SPdI tim dari Komisi B lainnya berjumlah 20 orang.  

Mereka didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM, Kabid Tamanan Pangan dan Holtikultura Ir Hj Mutia serta sejumlah staf dinas.

Kunjungan pertama ke  lokasi pembibitan porang usaha milik T Syukri (58)  pensiun PNS Pemkab Bireuen di kawasan BTN Keupula Indah di Geulanggang Gampong, Kota Juang, Bireuen.

Setelah di Geulanggang Gampong, tim berkunjung ke lokasi  pembibitan tanaman jernang milik Jamal (35)  berada di Gampong Alue Sijuk, Peudada dan selanjutnya ke tempat pengolahan tepung jernang juga milik Jamal 35 bersama temannya M Amin (38) serta Dani Fauzan (39) di Gampong Cot Tarom Baroh, Jeumpa, Bireuen.

Ketua Komisi B, DPRD Sumatera Utara, H Dhody Thahir SE MA disela kunjungan ke pembibitan Jernang di Alue Sijuk Peudada mengatakan, kunjungan mereka ke Bireuen menyikapi  informasi diperoleh pihaknya dua tanaman telah berhasil dibudidaya di Bireuen, kedua tanaman yaitu porang dan Jernang.

Baca juga: Pemko Lhokseumawe Tetapkan Jadwal Pembayaran Gaji 13 untuk PNS dan P3K

Baca juga: 34 Warga Bireuen Menjalani Perawatan, Kasus Covid-19 Tambah 18 Orang

Baca juga: Satu Rumah Warga di Bayu Seulimuem Musnah Terbakar

"Informasinya di Bireuen sudah berkembang tanaman porang dan jernang, makanya kami  melaksanakan kunjungan kerja ke Bireuen untuk mengetahui bagaimana proses dari awal sampai produksi, ternyata yang saya lihat jernang ini luar biasa, dan salah satu sumber bibit terbesar di Sumatera," ujar H Dhody Thahir.

Mereka salut dengan Bireuen, sektor pertanian berkembang, hasil panen padi sawah mencapai 7 ton hektar, kunjungan menjadi tambahan pengetahuan dan hendak diadopsi di Sumatera Utara

Khusus tanaman jernang katanya, DPRK Bireuen bersama petani ingin mencoba mengembangkan dan dalam waktu dekat akan mengundang M Jamal selaku petani yang memiliki pembibitan jernang di Bireuen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved