Breaking News:

Berita Gayo Lues

Ekspedisi Aceh Tracker Gagal Capai Puncak Abong-abong, Tim Hanya Mampu Daki 3 Puncak Gunung

Ekspedisi Aceh Tracker gagal mencapai puncak Abong-abong. Dari target 6 puncak gunung, hanya berhasil mencapai 3 puncak gunung

Dok Tim Ekspedisi Aceh Tracker
Tim Ekspedisi Aceh Tracker yang sedang melaksanakan Jelajah Puncak Aceh (JAPAKEH) XVII sejak tanggal 28 Mei 2021 gagal mencapai puncak Abong-abong. Dari target 6 puncak gunung, hanya berhasil mencapai 3 puncak gunung 

SERAMBINEWS.COM - Ekspedisi Aceh Tracker gagal mencapai puncak Abong-abong.

Dari target 6 puncak gunung, hanya berhasil mencapai 3 puncak gunung.

Tim Ekspedisi Aceh Tracker yang sedang melaksanakan Jelajah Puncak Aceh (JAPAKEH) XVII sejak tanggal 28 Mei 2021 telah turun ke Kampung Perlak, Tripe Jaya yang merupakan titik start pendakian terhitung hari ke-14 penjelajahan.

Tim sedang recovery di Hotel Sarah Juli, Kota Blangkejeren.

Formasi Tim Ekspedisi yang berjumlah 3 orang terdiri dari Said Murthaza (37), Sultan Refi Pobri Fonna (23) dan Nova Zahara (22).

Tim ini dimonitor oleh Unit D-Track Aceh Tracker, yakni Nailul Autar dan M.Naseb Afriansyah.

Said Murthaza Almahdaly (36/kiri) sebagai Teamleader rangkap Navigator dan Rescue. Sultan Refi Pobri Fonna (23/kanan) sebagai Sweeper-1 rangkap Dokumentasi dan Logistik serta satu-satunya perempuan dalam tim, yakni Nova Zahara (23) sebagai Sweeper-2 dalam ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya yakni Pegunungan Abong-abong yang berdekatan dengan perbatasan Aceh Tengah dan Nagan Raya
Said Murthaza Almahdaly (36/kiri) sebagai Teamleader rangkap Navigator dan Rescue. Sultan Refi Pobri Fonna (23/kanan) sebagai Sweeper-1 rangkap Dokumentasi dan Logistik serta satu-satunya perempuan dalam tim, yakni Nova Zahara (23) sebagai Sweeper-2 dalam ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya yakni Pegunungan Abong-abong yang berdekatan dengan perbatasan Aceh Tengah dan Nagan Raya (FOR SERAMBINEWS.COM)

Ekspedisi ini menargetkan 6 puncak gunung, diantaranya Gunung Abong-abong (2961,4mdpl/P.127), Pucoek Agam Dua (2486mdpl), Pucoek Agam Sa (2305mdpl), Pucoek Kla (2198mdpl/T.3365), Pucoek Nanga (1975mdpl) dan Pucoek Kra (1825mdpl) dengan total jarak tempuh -/+ 52,6km.

Baca juga: Aceh Tracker Ekspedisi Pendakian di Pegunungan Utara Gayo Lues

Hingga hari ke-11 sebelum memutuskan kembali (pulang) akibat faktor cuaca.

Menyebabkan kehilangan 2 hari waktu cadangan akibat recovery ditambah beratnya medan.

Tim hanya menyelesaikan 3 puncak, yakni Pucoek Kla yang memiliki Pilar/tugu T.3365 buatan Belanda 1930, Pucoek Nanga dan Pucoek Kra.

Total jarak yang berhasil dilintasi hanya 73% atau sekitar 19 km dari 26km.

Baca juga: Malaysia Perpanjang Lockdown Total, Cegah Penyebaran Virus Corona

Tujuan utama kegiatan Ekspedisi JAPAKEH XVII Gayo Lues 2021 adalah sebagai media promosi Gunung Abong-abong serta untuk meningkatkan prospek potensi berbasis ekowisata.

Said Murthaza Almahdaly (36/kanan) sebagai Teamleader rangkap Navigator dan Rescue. Sultan Refi Pobri Fonna (23/kiri) sebagai Sweeper-1 rangkap Dokumentasi dan Logistik serta satu-satunya perempuan dalam tim, yakni Nova Zahara (23) sebagai Sweeper-2 dalam ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya
Said Murthaza Almahdaly (36/kanan) sebagai Teamleader rangkap Navigator dan Rescue. Sultan Refi Pobri Fonna (23/kiri) sebagai Sweeper-1 rangkap Dokumentasi dan Logistik serta satu-satunya perempuan dalam tim, yakni Nova Zahara (23) sebagai Sweeper-2 dalam ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya, Juni 2021 (Dok Tim Ekspedisi Aceh Tracker)

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan ekspedisi ini.

Jelajah rimba gunung tiada kira habis masanya, sebab itu jalan dan cara untuk belajar ilmu-ilmu alam yang berguna.

Dan jangan kehilangan kesenangan dalam setiap momen pendakian," ujar Said Murthaza dalam siaran pers kepada Serambinews.com.(*)

Baca juga: Meja Kerja Bank Syariah Indonesia Terbakar di Ulee Kareng Banda Aceh

Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved