Breaking News:

Berita Kutaraja

Aminullah Janji Rampungkan Semua Fasilitas Pasar Al Mahirah Sebelum Masa Tugas Wali Kota Berakhir

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan, Pasar Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh adalah satu-satunya pasar terpadu yang ada di Aceh.

Penulis: Herianto | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Foto desain perkantoran dan kafe wisata kuliner UMKM yang akan dibangun PDAM Tirta Daroy di Pasar Al Mahirah Lamdingin, Banda Aceh. 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan, Pasar Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh adalah satu-satunya pasar terpadu yang ada di Aceh.

Di Pasar Al Mahirah Lamdingin itu, sebut Wali Kota, ada Pasar Ikan, Pasar Daging, Pasar Ayam, Pasar Sayur Mayur, Pasar Bumbu-Bumbuan, dan menyusul Pasar Buah-buahan.

“Karena ia menjadi kebanggaan masyarakat Kota Banda Aceh, maka semua fasilitas umum pendukungnya akan saya selesaikan sebelum berakhir masa jabatan jelang akhir tahun 2022,” ujar Aminullah Usman kepada wartawan usai meninjau Pasar Al Mahirah Lamdingin, Minggu (13/6/2021).

Aminullah Usman menyatakan, Pasar Terpadu Al Mahirah Lamdingin yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat Kota Banda Aceh itu, akan terus mendapat perhatian serius dari Pemko Banda Aceh, terutama soal kebersihan dalam pasar dan lingkungannya.

Kemudian, penyediaan air bersihnya. Bahkan soal penyediaan air bersih, menurut Aminullah, rasanya sudah tak masalah lagi karena di depan halaman Kompleks Pasar Al Mahirah sudah terdapat bak penyimpanan air (reservoir) milik PDAM Tirta Daroy berkapasaitas 1.000 m3, yang dibangun dua tahun lalu.

Baca juga: Satu Pasangan Pengantin di Seattle Wajibkan Tamu Sampai Vendor Divaksin Covid-19

Baca juga: Jangan Asal Gowes, Ini Aturan Bersepeda di Jalan Raya dalam Peraturan Menhub Nomor 59 Tahun 2020

Baca juga: Tekuk Kroasia dengan Skor Tipis, Timnas Inggris Akhiri Kutukan Berusia 53 Tahun

Jalan lingkungan Kompleks Pasar Al Mahirah itu, urai dia, perlu segera diaspal agar pada musim hujan, tidak becek dan musim panas, tidak berdebu.

“Apalagi pada musim angin laut, tekanan anginnya sangat kencang, bisa membuat debu yang ada di atas badan jalan yang belum diaspal beterbangan dan membuat lingkungan pasar jadi kurang sehat,” papar Wali Kota.

“Untuk pengaspalan jalan lingkungan Pasar Al Mahirah, menurut penjelasan Kadis PUPR Kota, Jalaluddin kepada kami, bahwa pada tahun ini segera diaspal, paket proyek pengaspalannya sedang proses lelang. Kita harapkan setelah ada pemenangnya, langsung dikerjakan,” papar dia.

Kecuali itu, aka ada pembangunan parit di pinggiran setiap pasar untuk pembuangan air pada waktu musim hujan agar halaman depan pasar tidak becek. Paket proyeknya juga sedang proses lelang.

Kemudian dalam kompleks pasar itu juga, akan ada pembangunan Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) sebanyak tiga unit. Satu unit, sedang dalam pekerjaan, dua unit lagi sedang menyusul.

Baca juga: Total Kasus Corona di Aceh Singkil 288 Orang, Sembuh 238 Orang

Baca juga: Kabar Terbaru Ashanty Setelah Berobat di Turki, Sembuhkan Autoimun dan Ada juga Penyakit Lain

Baca juga: Abu Dhabi Berikan Vaksin Covid-19 Gratis Kepada Pemegang Visa Tinggal dan Masuk Kadaluwarsa

IPAL itu, menurut Aminullah, sangat penting untuk mengolah limbah ikan, daging, ayam potong, sayur mayur dan lainnya, agar tidak menimbulkan bau tak sedap terhadap lingkungan pasar.

Selanjutnya, untuk menambah keindahan pasar, akan dilakukan penataan lingkungan, penanaman pohon yang banyak, dan pembangunan café serta tempat jualan produk UMKM di atas bagunan reservoir PDAM Tirta Daroy.

Selanjutnya, kata Aminullah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota Banda Aceh, Muhammad Iqbal Rokan, juga telah mengalokasikan dana sekitar Rp 5 miliar untuk penanganan fasilitas umum Pasar Al Mahirah yang belum bisa dibangun tahun ini, akan dibangun tahun depan.

“Jadi, fasilitas umum yang dibutuhkan untuk kenyamanan pedagang dan masyarakat yang datang berbelanja di Pasar Al Mahirah Lamdingin, terus kita lakukan sebaik mungkin,” janjinya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved