Breaking News:

Kupi Beungoh

Nek Munah Pidie Jaya, KPK, dan Pembangunan Kita (IV)

WHO (2016) melaporkan bahwa harapan hidup anak-anak yang lahir pada tahun 2016 adalah 72 tahun, bertambah 5,5 tahun dari tahun 2000.

Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/Handover
Sosiolog Aceh, Ahmad Humam Hamid, berkunjung ke galery lukisan seniman Indonesia kelahiran Meulaboh Aceh Barat, Abdul Djalil Pirous (AD Pirous), di kawasan Dago Pakar, Bandung, April 2021. 

Oleh: Ahmad Humam Hamid*)

JIKA rahasia umur panjang Nek Minah lebih banyak berurusan dengan rahmat Allah, keberuntungan, berikut dengan sejumlah perilaku gaya hidupanya yang sangat personal, maka banyaknya centenarian-umur lebih 100 tahun di kawasan zona biru berurusan dengan tradisi gaya masyarakat di lokasi tertentu.

Intinya, yang satu lebih sangat terpusat pada indidvidu, dan yang satu lagi seseorang yang lahir dan besar di kawasan tertentu itu, sudah tersosialisasi, terbiasa, menyatu, dan menjadi bagian tak terpisahkan gaya hidup itu sehat itu.

Jika pada kasus Nek Munah dan negara zona biru, penjelasnya adalah orang-perorang, dan komunitas, bagamana menjelaskan sebuah fenomena global tentang semakin bertambahnya jumlah orang tua?

WHO (2016) melaporkan bahwa harapan hidup anak-anak yang lahir pada tahun 2016 adalah 72 tahun, bertambah 5,5 tahun dari tahun 2000.

Kenaikan harapan hidup diperkirakan akan terus naik pada tahun-tahun mendatang.

Dunia yang Semakin Abu-Abu

Berbeda dengan istilah keseharian abu-abu yang berkonotasi tak jelas, tak ada harapan, tidak menggembirakan, istilah ini dalam konteks demografi pembangunan justeru bermakna positif.

Bertambahnya jumlah penduduk usia lanjut adalah pantulan dari pembangunan yang berkualitas yang menempatkan manusia sebagai pusat dari pembangunan nasional masing-masung negara.

Semenjak akhir abad ke 20, sampai dengan hari ini, kecenderungan semakin membesarnya penduduk usia lanjut semakin tampak, sehingga tak salah jika fenomena ini disebut dengan “gray world” (Fishman 2012)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved