Breaking News:

Info Cuaca

BMKG: 13 Kabupaten Berpotensi Hujan Lebat, Masyarakat Diingatkan untuk Siaga

Hujan lebat ini pemicunya antara lain yaitu Suplai uap air dari Samudra Hindia ke Wilayah Indonesia bagian barat.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Taufik Hidayat
scroll.in
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat (pada katagori 2 hal ini akan  berdampak jalan basah, licin, jarak pandang berkurang, gaguan skala kecil dan dalam jangka pendek pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas.

Gangguan skala kecil dan dalam jangka pendek pada layanan sekolah dan rumah sakit. Terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil. Terjadi genangan air di daerah pesisir atau di dataran rendah dalam skala kecil. Banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman, banjir mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala keci.

Keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfir pemicunya antara lain yaitu Suplai uap air dari Samudra Hindia ke Wilayah Indonesia bagian barat signifikan, adanya belokan angin dan konvergensi di Aceh, anomali suhu muka laut antara +1.0 s/ d +3.0°C di Samudera Hinda Barat Sumatera dan keadaan ini dapat meningkatkan penguapan serta penambahan massa uap air laut yang dapat memicu pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan signifikan. Sehingga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga hujan lebat dan cuaca buruk di Propinsi Aceh.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca berbasis dampak Pada Katagori 2 ini berlaku mulai tgl, 05 Juli 2021 jam 07.00 wib. s/d tgl, 06 Juli 2021 jam 07.00 wib, yang meliputi Kabupaten/kota sebagai berikut Kabupaten Aceh Tenggara meliputi Kecamatan Darul Hasanah, Babussalam, Ketambe, Badar

Kabupaten Gayo Lues, meliputi Kecamatan Pining,Tripe Jaya, Terangun, Blang Jerango, Kuta Panjang, Blang Peugayon, Putri Betung, Blang Kejeren, Pantan Cuaca, Dabun Gelang, Rikit Gaib.

Kabupaten Bener Meriah meliputi Kecamatan Syiah Utama, Permata, Bandar, Bukit, Bener Kalifah, Pintu Rime Gayo, Wih Pesam, Gajah Putih, Timang Gajah, Mesidah.

Baca juga: Pendaftar CPNS di Aceh Jaya Baru 62 Orang, Ini Formasi Dibutuhkan, Silakan Daftar via sscn.bkn.go.id

Baca juga: Sepi Peminat, Ini Rincian Kebutuhan Formasi CPNS dan PPPK Pemkab Aceh Selatan, Cek Syaratnya

Baca juga: Pedagang yang Rekam Satpol PP Aceh Tamiang Minta Uang Minum Dilapor ke Polisi

Kabupaten Aceh Timur meliputi Kecamatan Birem Bayeun, Serba Jadi. Kabupaten Aceh Tengah, meliputi Kecamatan; Bintang, Linge, Kote Panang, Ketol, Rusip Antara, Silih Nara, Celala, Pengasing, Jagong Jeget, Bintang, Linge, Atu Lintang, Laut awar, Bies, Bebesen, Kebayakan, Danau. 

Kabupaten Bireun meliputi Kecamatan Juli, Peudada, Peulimbang, Jeunieb, Simpang Mamplam, Pandrah, Samalanga

Pidie meliputi Kecamatan; Geupang, Mane, Tangse.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved