Breaking News:

Opini

Pucok Krueng, ‘Surga’ Terpencil di Aceh Barat Daya

Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki luas 1.490,60 km dengan total populasi 148.687 jiwa. Kabupaten ini terkenal

Editor: hasyim
Pucok Krueng, ‘Surga’ Terpencil di Aceh Barat Daya
FOTO IST
FIZA QAZARI Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Alue Seulaseh, Aceh Barat Daya

Oleh FIZA QAZARI, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Alue Seulaseh, Aceh Barat Daya

Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki luas 1.490,60 km dengan total populasi 148.687 jiwa. Kabupaten ini terkenal dengan padi Sigupai (pade Sigupai)-nya, juga termasuk kabupaten penghasil pala terbesar di Aceh.

Abdya juga memiliki banyak tempat wisata yang sudah terkenal, tidak hanya dikenal di dalam negeri, bahkan sampai ke mancanegara. Salah satunya ialah “Pucok Krueng” yang terletak di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Abdya.

Rutinitas masyarakat di sana adalah berkebun nilam, kunyit, pinang, dan yang paling banyak adalah pala. Kebun pala sangat jelas terlihat di sepanjang jalan menuju tempat objek wisata yang dipenuhi deretan pohon pala milik warga setempat.

Objek wisata Pucok Krueng ini merupakan tempat wisata pemandian yang letaknya sangatlah strategis, yakni di tengah-tengah lembah pegunungan yang sangat hijau dan segar. Di bawah kaki pegunungan ini air mengalir mengikuti alur lembah. Airnya sangat sejuk karena di sepanjang sungai terdapat pepohonan yang sangat rimbun memayungi sungai dari paparan sinar mentari.

Airnya sangat jernih, bahkan kita dapat meminumnya langsung sehingga dahaga kita terobati. Di sepanjang sungai terdapat bebatuan yang berjejer dari ukuran besar hingga kecil yang menjadi nilai tambah keindahan bagi sungai tersebut. Jika kita datang ke lokasi ini mata kita tidak hanya dimanjakan oleh aliran sungai yang sejuk dan jernih, tetapi kita juga dapat menikmati dan merasakan keindahan pegunungan hijau yang berjejer indah. Sungguh sangat memanjakan mata.

Daya pikat objek wisata Pucok Krueng Alue Seulaseh sangatlah memesona. Buktinya, tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, kebanyakan pengunjung juga datang dari daerah tetangga, seperti Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat, dan daerah lainnya. Bahkan sering juga turis asing ikut berwisata ke tempat eksotik ini.

Objek wisata Pucok Krueng juga cocok bagi kalangan anak-anak, karena debit airnya sangat mendukung, tak terlalu deras dan tidak dalam. Sungainya pun jauh dari kata tercemar dan berpolusi. Alamnya sungguh sangat terasa alami dan permai.

Menariknya lagi, akses jalan menuju ke Pucok Krueng juga sangatlah mudah dijangkau. Kita dapat memarkirkan kendaraan langsung di lokasi wisata Pucok Krueng, juga kita tidak dikutip retribusi wisata alias serbagratis saat menikmati keindahan pesona alamnya.

Masyarakat setempat juga sangat menghormati para pengunjung, kita hanya diminta untuk selalu menjaga ketertiban, sopan santun, dan kebersihan objek wisata demi kemaslahan kita bersama.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved