Breaking News:

Kesehatan

Ternyata Banyak Makan Daging Bisa Sebabkan Kanker! Simak Ulasannya

ari Raya Idul Adha atau hari raya kurban adalah perayaan tahunan yang dilakukan umat muslim dan berkaitan dengan daging.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Seorang pedagang sedang menjajaki daging sapi kepada waega di persimpangan 4 Gampong Matang Seulimeng, Langsa, Selasa (11/5/2021) 

SERAMBINEWS.COM - Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban adalah perayaan tahunan yang dilakukan umat muslim dan berkaitan dengan daging.

Ternyata banyak memakan daging bisa menyebabkan kanker lho.

Lalu, mengapa bisa demikian? memakan daging sampai mengakibatkan terjadinya kanker?

Melansir dari Boldsky, Selasa (20/7/2021) menurut penelitian dinyatakan bahwa daging merah merupakan daging yang berbahaya dikonsumsi.

Alasan utama di balik penelitian ini, adalah menunjukkan nilai protein dan bahan kimia saat memasak atau memanggang daging merah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang tinggi daging merah cenderung mengembangkan kanker usus. Namun, terkait kanker usus berkaitan dengan daging olahan. 

Baca juga: TIPS Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet dalam Waktu Lama

Baca juga: Idul Adha 1442 H Segera Tiba, Ini 10 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging saat Hari Raya Kurban!

Dua bahan kimia yang ada dalam daging merah adalah amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

Kedua bahan kimia kuat ini terbentuk ketika daging otot, dimasak di bawah suhu tinggi seperti memanggang, menggoreng atau bahkan api terbuka seperti memanggang.

Ketika amina heterosiklik terbentuk, asam amino, kreatin, protein, gula semua bereaksi bersama pada suhu yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan sel kanker aktif.

Di sisi lain, hidrokarbon aromatik polisiklik atau PAH hanya terbentuk ketika daging merah dipanggang atau dimasak dengan api besar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved