Breaking News:

Inovasi Daerah

Kepala Badan Litbang Kemendagri: Pemerintah Daerah Perlu Upgrade dan Update Inovasi Daerah

Fatoni menambahkan upgrade inovasi bisa dilakukan dengan melakukan penambahan terhadap fitur, SOP, substansi, dan teknis yang sebelumnya tidak tersedi

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni 

Laporan Fikar W.Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah daerah perlu senantiasa melakukan upgrade dan update terhadap kebijakan inovasi yang dilakukan.

Langkah ini penting agar keberlanjutan dari inovasi dapat terukur dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Selain itu, inovasi yang telah mencapai usia 2 tahun masa implementasi, memerlukan peningkatan dan pembaruan kebijakan agar dapat kembali dilaporkan dalam sistem Indeks Inovasi Daerah.

“Misalnya ada inovasi yang diimplementasikan tahun 2018, maka inovasi ini perlu kembali dilakukan pembaruan sehingga dapat kembali dilaporkan dalam Indeks Inovasi Daerah tahun ini,” ujar Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni saat menjadi pembicara virtual dalam acara Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021, Rabu, 21 Juli 2021.

Fatoni menambahkan upgrade inovasi bisa dilakukan dengan melakukan penambahan terhadap fitur, SOP, substansi, dan teknis yang sebelumnya tidak tersedia dalam suatu inovasi. Langkah upgrade juga bisa melalui pengintegrasian antar inovasi sehingga memperluas manfaat dari terobosan itu sendiri.

Dirjen Keuda Kemendagri: Realisasi Pendapatan dan Belanja Provinsi Aceh Masih Rendah

Sedangkan update inovasi dapat dilakukan dengan memperbaiki atau melengkapi fitur, SOP, dan substansi dari suatu inovasi yang telah ada. “Hakikat inovasi tidak berhenti pada satu titik, tapi terus bergerak untuk selalu membuat terobosan yang lebih baik lagi. Upaya ini dilakukan agar inovasi tidak usang atau out of date dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” imbuh Fatoni.

Menurutnya kebijakan inovasi yang tidak diperbarui dikhawatirkan akan menjadi suatu rutinitas yang membentuk budaya kerja sehingga tidak bisa lagi dikategorikan sebagai inovasi.

Dalam kesempatan itu, Fatoni juga berpesan kepada daerah agar inovasi yang dilaporkan dalam sistem Indeks Inovasi Daerah ditunjang dengan evidence based dan data dukung yang lengkap.

Hal ini karena data dukung tersebut akan mempengaruhi nilai kematangan dari suatu inovasi.

Nilai kematangan adalah tingkat keterisian parameter dan evidence secara benar dan sesuai, yang berdampak pada kualitas penilaian inovasi dalam indeks.

Kemendagri Dorong Pemda Terapkan 10 Strategi Tumbuhkan Budaya Inovatif dan Kreatif di Daerah

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved