Breaking News:

Berita Aceh

Dayah di Aceh Akan Diakreditasi, Ketua Mejelis: Untuk Melihat Kelayakan Program Pendidikan

Badan Akreditasi Dayah (BADA) Aceh berencana melakukan pelaksanaan akreditasi dayah dalam tahun ini

Penulis: Subur Dani | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Majelis Badan Akreditasi Dayah Aceh, Tgk. Haekal Afifa mengatakan, Badan Akreditasi Dayah (BADA) Aceh berencana melakukan pelaksanaan akreditasi dayah dalam tahun ini, guna melihat kelayakan program penyelenggaraan pendidikan dayah dan penetapan tipologi dayah, khususnya dayah baru yang belum memiliki peringkat (tipe) 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Akreditasi Dayah (BADA) Aceh berencana melakukan pelaksanaan akreditasi dayah dalam tahun ini, guna melihat kelayakan program penyelenggaraan pendidikan dayah dan penetapan tipologi dayah, khususnya dayah baru yang belum memiliki peringkat (tipe). 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Majelis Badan Akreditasi Dayah Aceh, Tgk. Haekal Afifa kepada media, Senin (02/08/2021) melalui siaran persnya di Banda Aceh. 

Menurutnya, akreditasi dayah kali ini dilaksanakan untuk dayah-dayah yang belum terakreditasi.

Majelis Akreditasi Dayah Aceh sedang mempersiapkan segala dokumen pendukung untuk pelaksanaan tahapan tersebut.

Baca juga: Uang Rp 2 Triliun Tak Ada, Ini Awal Kecurigaan dan Begini Kondisi Rumah Anak Akidi Tio di Sumsel

"Majelis sedang mempersiapkan segala dokumen, kajian analisa, mekanisme, sistem akreditasi dan perangkat pendukung lainnya agar pelaksanaan akreditasi dayah yang belum memiliki peringkat atau tipe bisa segera dilaksanakan," ungkapnya. 

Haekal menambahkan, bagi Lembaga Dayah yang sudah terakreditasi, juga bisa mengusulkan akreditasi ulang untuk kenaikan peringkat (tipe), dan pelaksanaannya akan dilakukan pada tahapan selanjutnya (setelah akreditasi baru selesai).

Ketua Institut Peradaban Aceh ini juga menyampaikan, terkait standar yang akan digunakan dalam proses akreditasi kali ini mengacu kepada undang-undang dan penyesuaian dari pola pemutakhiran data dayah yang sebelumnya dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh ke pola standarisasi yang diatur oleh Pemerintah. 

Baca juga: Diwisuda, Lulusan Dayah Tinggi di Aceh Utara Terima Dua Ijazah

"Karena sampai saat ini aturan yang mengatur tentang Standar Pendidikan Dayah sedang dalam perumusan, maka Badan Akreditasi Dayah Aceh akan mengacu pada Undang-undang No. 20 tahun 2003 terkait Sistem Pendidikan Nasional, dimana didalamnya diatur tentang standarisasi pendidikan," tegas Haekal.

Jadi, menurut Haekal setelah melalui berbagai kajian, FGD dengan kalangan pimpinan dayah dan masukan dari kalangan dayah di lapangan, maka instrumen akreditasi kali ini merupakan perpaduan standar yang ditetapkan oleh Undang-undang dengan kekhasan (kearifan lokal) yang dimiliki oleh dayah-dayah di Aceh.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved