Breaking News:

Kajian Islam

Amalan Menghapus Dosa, Seperti Dalam Kisah Asiyah Istri Fir'aun yang Bertaubat

Bagaimana seorang hamba membersihkan diri dari dosa-dosa, amalan apakah yang mesti dilakukan? Seperti kisah Asiyah istri Fir'aun yang bertaubat.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Amirullah
Via Intisari
Pasukan bayaran di jaman Firaun 

SERAMBINEWS.COM - Manusia sepertinya sulit terbebas dari dosa, bahkan bisa dikatakan hampir setiap manusia pernah melakukan dosa kecil sekalipun. Kecuali Rasulullah SAW yang telah dijamin terbebas dari dosa.

Dosa dan pahala adalah balasan untuk perbuatan manusia, apabila manusia berbuat baik maka ia mendapatkan pahala.

Apabila melakukan kejahatan, maka mendapatkan dosa.

Lalu, bagaimana bagi seorang hamba, membersihkan diri dari dosa-dosa, amalan apakah yang mesti dilakukan.

Sebagaimana dikutip Serambinews.com, Kamis (12/8/2021) pada buku Amalan Penghapus Dosa yang tulis oleh Haidar Musyafa dan diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo tahun 2019, dijelaskan beberapa hal mengenai amalan penghapus dosa.

Baca juga: Luar Biasa, 10 Keutamaan Sholat Tahajud, Diampuni Dosa, Kerjakan Minimal 2 Rakaat di Sepertiga Malam

Memurnikan Keimanan kepada Allah

Syarat pertama yang harus dikantongi oleh orang yang ingin mendapatkan ampunan Allah SWT. Sebenarnya, semua manusia telah dilahirkan dalam keadaan beriman kepada Allah. Namun kenyataannya, banyak di antara manusia yang menyimpang dari jalan keimanan karena berbagai sebab.

Salah satunya adalah kerena meninggalkan perintah Allah dan melanggar larangan-larangan-Nya. Jika kita berkeinginan untuk mendapatkan ampunan Allah, maka kita harus menjaga keimanan kepada-Nya dengan semurni-murninya.

Sebab, inilah amalan utama yang dapat menyebabkan seorang hamba akan mendapatkan ampunan Allah dan kemudian dimasukkan ke dalam surga.

Dr. Muhammad Yusuf Al-Qardhawi berkata bahwa urutan pertama dalam daftar kebaikan adalah memurnikan ketauhidan kepada Allah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved