Breaking News:

Kesehatan

Terdapat dalam Sampo & Kosmetik, Dr Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Endocrine Disruptor pada Wanita

Tak hanya ada dalam produk kosmetik, Endocrine Disruptors juga terdapat dalam produk toiletris seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan lain sebagainya.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Pixabay.com
Ilustrasi krim sampo 

SERAMBINEWS.COM - Produk yang kita gunakan sehari-hari termasuk sampo hingga kosmetik ternyata tidak terlepas dari penggunaan zat kimia berbahaya, yakni kandungan endocrine disruptor.

Melalui kanal YouTube Bamol TV yang diunggah pada Kamis (26/8/2021), dr Zaidul Akbar menyebutkan kandungan endocrine disruptor umumnya terdapat pada kosmetik hingga produk toiletris seperti sampo, sabun antiseptik hingga pasta gigi.

Melansir dari Wikipedia, endocrine disruptor merupakan bahan kimia yang dapat mengganggu sistem endokrin (atau hormonal).

Gangguan ini dapat menyebabkan tumor kanker, cacat lahir, dan gangguan perkembangan lainnya.

Sebut dr Zaidul Akbar, endocrine disruptor ini banyak mempengaruhi wanita karena penggunaan kosmetik yang mengandung zat kimia tersebut.

"Saat ini saya perhatikan ya banyak sekali implamasi atau karatan pada tubuh wanita dan yang paling sering itu penyebabnya adalah kosmetik. Kosmetik itu sebagian besar bahannya yang dikenal sebagai endocrine disruptor," katanya.

Baca juga: Berapa Banyak Mengonsumsi Petai dan Jengkol yang Wajar? Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

Tak hanya itu, endocrine Disruptor juga terdapat dalam produk toiletris seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan lain sebagainya.

"Endocrine disruptor dan sebagian besar ada di produk toiletris kita termasuk salah satunya triclosan, dia ada di sabun antiseptic kita dan dia termasuk golongan endocrine disruptor," lanjut dr Zaidul Akbar.

Endocrine disruptor ini disebut akan merusak kelenjar di dalam tubuh.

Dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini menyebut endocrine disruptor banyak sekali terdapat pada sampo.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved