Breaking News:

Berita Lhokseumawe

PT Pertamina dan PT Pelindo belum Modali KEK Arun, Ini Tanggapan Serta Saran Ketua Komisi II DPRA

Padahal, kedua perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN itu sebagai konsorsium pengusul Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Arun Lhokseumawe.

Penulis: Herianto | Editor: Mursal Ismail
hand over dokumen pribadi
Ketua Komisi II DPRA, Irpannusir SE, SAg, MIKom 

Padahal, kedua perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN itu sebagai konsorsium pengusul Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Arun Lhokseumawe. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Komisi II DPRA, Irpannusir, mengatakan pihaknya akan mempertanyakan kepada Dirut PT Pertamina dan PT Pelindo yang hingga kini belum memodali KEK Arun

Padahal, kedua perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN itu sebagai konsorsium pengusul Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Arun Lhokseumawe. 

Irpannusir menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambinews.com, Minggu (29/8/2021) terkait PT Pertamina dan PT Pelindo yang hingga kini belum menyertakan modal untuk KEK Arun.  

" PT Pertamina dan PT Pelindo merupakan BUMN yang cukup baik, tapi kenapa mereka belum merealisasikan rencana investasinya di KEK Arun.

Padahal, prasarana dan sarana pendukung untuk berinvestasi di KEK Arun sudah sangat memadai, itu yang akan kami pertanyakan," kata Irpannusir.

Irpannusir mengatakan PT Pertamina sejatinya membangun berbagai jenis pabrik pengolahan gas dan minyak serta ikutannya, seperti minyak refeneri. 

Eks kilang Arun NGL Co, salah satu landskap Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe
Eks kilang Arun NGL Co, salah satu landskap Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe ()

Baca juga: KEK Arun belum Jalan, Abdullah Puteh Sebut Kendala dan Sarankan Kiat seperti Saat Ia Gubernur Aceh

Begitu juga PT Pelindo menjadikan pelabuhan laut yang ada di KEK Arun, sebagai Pelabuhan Ekspor CPO dari Aceh dan lainnya.

“Jika ini dilakukan, maka KEK Arun akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, bisa menyerap puluhan ribu tenaga kerja lulusan SMK dan S1, S2 dan S3 dari berbagai Perguruan Tinggi di Aceh.

Bahkan bisa seperti zaman kejayaan migas Aceh tahun 1977 – 2010 lalu,” tutur Irpannusir

Baru PIM dan PLN yang berkontribusi

Seperti diberitakan sebelumnya, dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sebagai konsorsium  pengusul Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Arun Lhokseumawe hingga kini belum memodali KEK Arun.

Kedua perusahaan BUMN itu, yakni PT Pertamina dan PT Pelindo hingga kini belum menyertakan modal ke PT Patriot  Nusantara Aceh sebagai Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola (BUPP) KEK Arun. 

BUPP KEK Arun berfungsi mengelola kawasan, promosi, persetujuan  lingkungan dan rekomendasi  perizinan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Marthunis, menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambinews.com, Minggu (29/8/2021). 

Baca juga: Nova Iriansyah: Baru PT PIM Setor Modal untuk KEK Arun, Pertamina dan Pelindo 1 Nihil

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved