Breaking News:

Internasional

Inggris Keluarkan Peringatan Keras, Penguasa Taliban Dapat Memicu Serangan Teror ke Barat

Penguasa Taliban di Afghanistan dituduh dapat memicu serangan teror ala Al-Qaeda di negara-negara Barat. Taliban dinilai telah memiliki keberanian

Editor: M Nur Pakar
AFP
Pejuang Taliban menaiki kendaraan militer AS menuju Iran. 

SERAMBINEWS.COM, LONDON - Penguasa Taliban di Afghanistan dituduh dapat memicu serangan teror ala Al-Qaeda di negara-negara Barat.

Taliban dinilai telah memiliki keberanian untuk mengarah pada kembalinya plot serangan gaya Al-Qaeda terhadap Barat.

Direktur Jenderal MI5 atau Intelijen Inggris, Ken McCallum, Jumat (10/9/2021) mengatakan Inggris bisa menghadapi lebih banyak risiko serangan teroris.

Dilansir AP, penarikan pasukan NATO dan penggulingan pemerintah Afghanistan yang didukung internasional menjadi alasannya.

“Ancaman teroris cenderung tidak berubah dalam semalam, dalam arti plot yang diarahkan atau kamp pelatihan atau infrastruktur," kata McCallum kepada BBC dalam sebuah wawancara.

"Hal-hal seperti itu telah dinikmati Al-Qaeda di Afghanistan pada saat serangan 11 September 2001," katanya.

Baca juga: Jaringan Haqqani Jadi Musuh Terbesar AS, Wahington Bedakan dengan Kelompok Taliban

“Tetapi apa yang terjadi dalam semalam, meskipun plot-plot terarah dan bagian-bagian terorisme yang terorganisir terpusat membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk dibangun kembali," tambahnya.

"Dalam semalam, Anda dapat memiliki dorongan psikologis, moral bagi para ekstremis yang sudah ada di sini, atau negara lain," klaimnya.

“Jadi, kita perlu waspada, baik untuk peningkatan terorisme yang telah menjadi tren nyata yang harus kita tangani selama lima hingga 10 tahun terakhir ini," jelas McCallum,

Dia menambahkan di samping potensi pertumbuhan kembali plot yang diarahkan gaya Al-Qaeda.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved