Breaking News:

Berita Bireuen

KPPN Lhokseumawe Dorong BLT Dana Desa di Bireuen Langsung Cair Tiga Bulan

Dana desa non BLT penyalurannya secara bertahap, saat ini sudah memasuki tahap tiga, bahkan ada 13 desa di Bireuen sudah terima pencairan anggarannya.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Kepala KPPN Lhokseumawe, Semfebri Marihot Simbolon 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen 

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Pihak  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lhokseumawe, turut mendorong agar desa atau gampong di  Bireuen, menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) langsung tiga bulan dari Oktober sampai Desember 2021.

Hal itu disampaikan Kepala KPPN Lhokseumawe, Semfebri Marihot Simbolon  usai kegiatan Fokus Discussion Grup (FGD) percepatan penyaluran DAK fisik tahun 2021, Kamis (16/09/2021) di aula Bapedda Bireuen.

Dijelaskan, untuk anggaran dana desa peruntukannya ada tiga yaitu pertama penanganan Covid-19 sebesar 8 persen sudah tuntas seluruh desa, kedua untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan selama 12 bulan, bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Ditambahkan, saat ini  penyaluran BLT-DD  untuk tahun 2021  sudah sampai bulan ke sembilan atau September. Penyaluran BLT-DD saat ini ada relaksasi, bisa disalurkan tiga bulan sekaligus, bulan ke sepuluh, sebelas, dan dua belas atau Oktober, November, Desember.

"Kami tadi dalam FGD mendorong agar desa bisa menyalurkan BLT-DD tiga tahap tersebut paling cepat 1 Oktober 2021," sebut Kepala KPPN Lhokseumawe.

Dikatakan juga, penerima BLT-DD adalah  sesuai hasil musyawarah desa dan nama-nama penerima, juga diinput melalui  aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara ( OM SPAN), dana diterima Rp 300 ribu/KPM.

Baca juga: Bireuen Bisa Jadi Kabupaten Pertama Tuntaskan Pencarian Dana Desa

Baca juga: Kemiskinan Masih Tinggi, Harga Barang di Timor Leste Lebih Mahal Daripada RI, Dolar AS jadi Pemicu

Kepala KPPN Lhokseumawe menyebutkan,  dana desa non BLT penyalurannya secara bertahap, saat ini sudah memasuki tahap tiga, bahkan ada 13 desa di  Bireuen sudah terima pencairan anggarannya.

"Kami harapkan, bagi desa yang sudah cair dana desa tahap III, untuk BLT-DD dapat direalisasikan pada 1 Oktober 2021.  Bireuen menjadi kabupaten tercepat finish penyaluran dana desa tahun 2021," tuturnya.

Kepala KPPN Lhokseumawe, Semfebri Marihot Simbolon, menambahkan,  selain Lhokseumawe dan Aceh Utara, pihaknya juga sufah menyalurkan Transfer Kedaerahan dan Dana Desa (TKDD) untuk  Bireuen.

Terkait DAK fisik ada dua jenis yaitu DAK reguler dan DAK penugasan, juga sistem penyaluran ada dua yaitu bertahap dan campuran. Penyaluran DAK bertahap untuk pagu anggaran perbidangnya di atas Rp 1 milyar dan disalur tiga tahap, untuk tahap satu sudah tuntas disalurkan terakhir 31 Agustus 2021.

"Kami harap dari Bireuen, agar bisa dipercepat tahap kedua batas waktu 21 Oktober 2021. Saat ini baru satu sub bidang telah disalurkan untuk tahap dua, dalam FGD ikami sudah sampaikan kepada OPD yang terkait, selaku pelaksana teknis DAK fisik, mendorong percepatan penyaluran.

Baca juga: VIDEO Pedagang Sate Ini Gratiskan Jualannya Setelah Dapat Amplop Putih dari Presiden Jokowi

Baca juga: Polisi Tangkap Pengangguran Punya Tabungan Hingga Rp531 Miliar, Ternyata Berbisnis Obat Ilegal

Ditambahkam, untuk tahap dua syaratnya mudah, agar dapat menyampaikan realiasi penyerapan dana pada tahap pertama minimal sudah 75 persen ke KPPN hasil review dari inspektorat di Bireuen.

"Untuk realisasi penyerapan sudah banyak yang mencapai 75 persen dan sudah di inspektorat, dalam waktu dekat kita diharapkan dapat selesai, agar bisa segara diajukan ke KPPN Lhokseumawe," terangnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved