Breaking News:

Opini

Pentingnya “Boarding School” di Aceh

PENDIDIKAN merupakan suatu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia

Editor: bakri
Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia(UNIKI) Aceh 

Oleh Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia(UNIKI) Aceh

PENDIDIKAN merupakan suatu proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan secara sistematis. Dengan adanya pendidikan diharapakan adanya nilai tambah yang dimiliki dalam mengarungi kehidupan untuk menggapai kesuksesan.

Peningkatan kapasitas melalui pendidikan karakter berupa bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan mendidik yang diperuntukan bagi generasi selanjutnya, yaitu membentuk penyempurnaan diri secara terus-menerus dan melatih diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Bentuk nyata dari pembentukan karakter dengan memberi nilai moral atau memberikan rasa hormat sejalan dengan tradisi leluhur kepada generasi penerusnya yaitu kebaikan, kesetiaan dan prilaku sejalan dengan norma yang berlaku dalam masyarakat. (Wikipedia)

Pendidikan karakter tolak ukur utamanya adalah nilai-nilai yang bersumber agama yang dapat menumbuhkan karakter yang kuat bagi peserta didik. Nilai-nilai budaya lokal yang dipadukan dalam kurikulum berbasis karakter yang dapat mewujudkan perilaku yang sudah mentradisi dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai kebenar dalam ilmu pengetahuan harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata secara benar dan mandiri yang diterapkan sesuai tahapan yang semestinya. Nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari agama berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan semakin hari semakin terbukti kebenarannya.

Dengan adanya perangkat teknologi yang lebih mumpuni, maka kebenaran yang dicari semakin terbukti serta semakin terang-benderang.

Kebenaran hakiki juga tidak berkolerasi dengan kasta sosial masyarakat. Ilmu agama yang bersumber dari Alquran dan sunnah dengan perkembangan ilmu pengetahuan semakin terbukti kebenarannya. Sehingga tidak berlebihan bila dinyatakan bahwa kebenaran mutlak dari Alquran dapat dibuktikan secara bertahap dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan. Penerapan pendidikan yang berlandaskan Alquran dan sunnah merupakan salah satu bentuk pendidikan yang sering diterapkan pada pesantren.

Boarding school merupakan pelaksanaan sekolah dengan tinggal di asrama atau pemondokan yang disiapkan sekolah. Sehingga dapat dilakukan kegiatan tambahan yaitu penguatan akidah serta etika moral sebagaimana yang diterapkan pendidikan pesantren. Boarding school merupakan perpaduan antara pendidikan umum dengan dunia pondok pesantren yang juga dapat dilakukan di perguruan tinggi seperti Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen lakukan.

Pemanfaatan rumah susun mahasiswa (Rusunawa) sebagai tempat kajian Alquran dan Sunah merupakan inovasi yang sudah semestinya Aceh terapkan.

Model pendidikan sebagaimana kebiasaan yang dilakonkan masyarakat Yunani yaitu untuk dapat meningkatkan keterampilan dalam menghadapi kehidupan nyata, para orang tua menitipkan anaknya pada ibu asuh atau almamater supaya memperoleh pendidikan yang mumpuni. Peningkatan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai etika moral merupakan suatu keharusan bagi generasi baru agar mampu berkompetisi dalam kehidupan nyata.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved