Breaking News:

JAMKESNEWS

BPJS Kesehatan Banda Aceh Lakukan Verval Bersama Satker PNS Pusat

Menurut Kahar ada beberapa hasil verval data PNS untuk dapat didaftarkan ulang.

Editor: IKL
For Serambinews.com

BPJS Kesehatan Banda Aceh Lakukan Verval Bersama Satker PNS Pusat

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH,– Untuk memastikan keakurasian data peserta JKN-KIS khususnya peserta dari segmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat, BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh melaksanakan Verifikasi dan Validasi (Verval) bagi PNS dan Anggota Keluarganya pada Kementerian/Lembaga/Instansi Peserta Program se Kota Banda Aceh pada Rabu (29/9).

“Tahapan dalam melakukan pemutakhiran data, pertama pihak satuan kerja (satker) menyerahkan data PNS kepada BPJS Kesehatan untuk dilakukan pencocokan dengan data yang terdapat di master file BPJS Kesehatan.

Kemudian data hasil pencocokan tersebut dikembalikan lagi ke satker masing-masing untuk diverifikasi, selanjutnya selesainya kegiatan verval, setelah itu dilakukan pencetakan kartu JKN-KIS untuk didistribusikan ke satuan kerja di lingkungan kedua universitas tersebut,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kahar Muzakar dalam paparan materinya.

Kahar menambahkan, posisi saat ini BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh secara bertahap telah selesai melakukan pencocokan data yang diserahkan oleh beberapa Satuan Kerja. Menurut Kahar ada beberapa hasil verval data PNS untuk dapat didaftarkan ulang. Kemudian lanjut Kahar, masih terdapat data yang tidak berhasil didaftarkan ulang karena ada beberapa faktor yang membuat kendala.

Baca juga: Komisi Informasi Aceh dan BPJS Kesehatan Lakukan FGD Pengelolaan Informasi Publik

Baca juga: Perkuat Kemitraan, BPJS Kesehatan Gelar Forum Bersama Pemko Banda Aceh

“Faktor-faktor tersebut adalah karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak valid/tidak ditemukan, adanya tunggakan iuran pada saat sebelumnya pernah terdaftar sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan tidak dapat didaftarkan karena ada sebab lainnya.

Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh satuan kerja untuk dapat melengkapi dan menyerahkan dokumen yang dibutuhkan yang sah dan valid berpedoman pada daftar gaji, dokumen kepegawaian dan data kependudukan terbaru sehingga dapat didaftarkan kembali,” ucap Kahar.

Lanjut  Kahar, agar para perwakilan satker dapat menginformasikan kepada BPJS Kesehatan jika terdapat PNS dan/atau anggota keluarga tertanggung tidak berhak untuk terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS karena diberhentikan/ mengundurkan diri/ meninggal/ bukan anggota keluarga tertanggung/ sebab lainnya.

Baca juga: VIDEO Jelang HUT Ke-76 TNI, Tentara dan Masyarakat Bersihkan Makam Pahlawan Kuala Simpang

Baca juga: Zikir dan Doa Setiap Pagi, Satu Diantara Upaya Pemerintah Aceh Melawan Pandemi Covid-19

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan, Muhammad yang merupakan salah satu peserta kegiatan sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk melakukan verval data karena akan mendapatkan informasi yang jelas untuk melaksanakannya.

“Dengan adanya kegiatan ini kami dapat mengetahui bagaimana tahapan melakukan verifikasi dan validasi data PNS dan bagaimana perlakuan mengenai status BPJS Kesehatan pegawai yang telah meninggal dunia, pindah, dan sebab lainnya sehingga kami dapat informasi yang jelas untuk melaksanakan verifikasi dan validasi data ini,” kata Muhammad. (*)

Tags
Jamkesnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved