Breaking News:

Kesehatan

Masih Sering Dilakukan? dr Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Meniup Makanan saat Masih Panas

dr Zaidul Akbar menguraikan beberapa alasan mengapa meniup makanan saat masih panas itu berbahaya.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Zaenal
TRIBUNFILE/IST
Makanan panas 

SERAMBINEWS.COM - Berikut penjelasan dr Zaidul Akbar yang merupakan seorang pendakwah sekaligus dokter yang kerap memberi tips hidup sehat tentang bahaya meniup makanan saat masih panas.

Bahaya meniup makanan saat masih panas disampaikan dr Zaidul Akbar dalam kesempatan kajian dakwahnya, dikutip Serambinews.com dari kanal YouTube Bisikan.com, Kamis (12/10/2021).

Dalam video tersebut, dr Zaidul Akbar menguraikan beberapa alasan mengapa meniup makanan saat masih panas itu berbahaya.

Pertama, ia menyebutkan jika meniup makanan saat masih panas dapat mengalami perubah reaksi gas.

"Makanan-makanan yang sedang panas itu ditiup akan terjadi perubahan reaks gas. Jadi muncul co2 ketika uapnya itu ketemu dengan oksigen atau apa itu, nanti bisa berubah, masuk menjadi bagian dari makanan tadi dan itu tidak baik untuk kesehatan," kata dr Zaidul Akbar.

Baca juga: Dokter Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Makanan Bersantan Dipanaskan Kembali, Termasuk Rendang

Lebih lanjut kata dia, bahwa makanan yang baik itu memang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi panas mengingat adanya perubahan suhu gas.

"Jadi memang makan yang baik itu tidak boleh dalam kondisi panas itu yang pertama dari perubahan struktur gasnya," lanjutnya.

Selain itu menurutnya, makanan panas juga bisa merusak mukosa mulut.

Mukosa mulut merupakan bagian yang lembut pada mulut, katanya.

Lebih lanjut kata dia, apa yang dimaksud mukosa adalah bagian langit-langit di dalam mulut yang merupakan kulit yang strukturnya bisa berubah strukturnya jika terkena panas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved