Breaking News:

Jurnalisme Warga

Bunda Hetti, Konselor Ternama di Pidie

Sabtu sore lalu saya dipertemukan dengan seorang ibu rumah tangga. Hetti Zuliani namanya, tapi lebih akrab disapa Bunda Hetti

Editor: bakri
Bunda Hetti, Konselor Ternama di Pidie
FOR SERAMBINEWS.COM
IDA FITRI HANDAYANI, Guru Agama SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Pidie, melaporkan dari Sigli

OLEH IDA FITRI HANDAYANI, Guru Agama SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Pidie, melaporkan dari Sigli

Sabtu sore lalu saya dipertemukan dengan seorang ibu rumah tangga. Hetti Zuliani namanya, tapi lebih akrab disapa Bunda Hetti. Sosoknya yang sangat hangat membuat suasana cepat mencair. Ia beprofesi sebagai konselor di Pidie. Bunda Hetti memang menamatkan pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling di FKIP Universitas Syiah Kuala (USK).

Ketekunannya menuntut ilmu jangan ditanya. Sekarang pun ia sedang menyelesaikan strata tiga (S-3) Bimbingan dan Konseling di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Perempuan kelahiran Matang Kumbang, Baktiya, Aceh Utara, ini menjabat Direktur Eksekutif Atjeh Diamond Institute (ADI). Yayasan itu berdiri sejak tahun 2013 dan kini berganti nama menjadi Yayasan Permata Aceh Mulia. Lokasinya tepat di depan Terminal Terpadu Kota Sigli.

Yayasan ini memiliki bangunan yang tak begitu luas dan umumnya difungsikan sebagai ruang belajar. Namun, ada yang unik, selain kelas untuk belajar, juga ada ruangan khusus untuk konsultasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

Awal berdirinya yayasan ini, karena keinginan Bunda Hetti mengisi waktu kosongnya untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Beranjak dari situ lahirlah yayasan ini, hasil kolaborasi yang sangat luar biasa bersama suaminya.

Program Yayasan Permata Aceh Mulia terdiri atas kelompok bermain, taman kanak-kanak (TK), dan sekolah terapi untuk anak umum, serta untuk anak berkebutuhan khusus.

Di luar itu, ada banyak program pengabdian yang Bunda Hetti lakukan melalui yayasannya, seperti ‘sawue sikula’ yang dilakukan setiap Senin pagi di Kabupaten Pidie.

Ada lagi program konseling trauma bagi anak-anak korban pelecehan seksual dan lainnya. Kehadiran program konseling seperti ini sangat relevan dan tepat momen, mengingat belakangan ini di Kabupaten Pidie banyak sekali terjadi kasus yang melibatkan anak sebagai korban, maupun pelaku. Misalnya, dalam kasus pelecehan seksual, berbuat mesum, maupun kasus pemerkosaan.

Hal itu sangat kita sayangkan sekaligus menyayat hati ketika dibaca. Namun, tugas kita adalah tetap berusaha mencegah agar kasus serupa tidak terulang, sekaligus berupaya membantu menyembuhkan saat sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi, misalnya trauma psikis. Itulah salah satu yang menjadi fokus perhatian Bunda Hetti melalui program konselingnya. Dia memang konselor ternama di Pidie.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved