Breaking News:

Kesehatan

Tidak Boleh Keramas saat Menstruasi, Mitos atau Fakta? Simak Penjelasan dr Reisa Broto Asmoro Ini

Keramas saat menstruasi disebut bisa menyumbat aliran darah hingga bisa mengganggu siklus menstruasi. Namun, benarkah demikian?

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Keramas 

SERAMBINEWS.COM - Selama ini banyak beredar salah kaprah dan mitos seputar hal yang tidak boleh dilakukan saat haid atau mestruasi. Salah satu yang kerap dipertanyakan adalah, tidak boleh keramas saat menstruasi atau haid.

Keramas saat menstruasi disebut bisa menyumbat aliran darah, menyebabkan masuknya angin dingin ke dalam tubuh hingga bisa mengganggu siklus menstruasi.

Ada juga yang menyebut ketika menstruasi, wanita dilarang keramas karena bisa memicu keputihan. Namun, benarkah demikian?

Anjuran tidak boleh keramas saat menstruasi adalah mitos belaka. Hal tersebut ditegaskan oleh dr Reisa Broto Asmoro dalam kanal YouTube-nya yang dikutip Serambinews.com, Senin (25/10/2021).

Keramas saat menstruasi tidak dapat menyumbat aliran darah hingga mengganggu siklus menstruasi.

Kata dr Reisa Broto Asmoro atau kerap disapa dr Reisa ini, ia justru membantah rumor yang mengatakan tidak boleh keramas saat menstruasi.

Baca juga: Awal Menstruasi Menentukan Kapan Waktu Menopause, Berikut Penjelasan Dokter Boyke

Rumor tersebut dinilai sangat tidak masuk akal, terutama secara anatomis tubuh.

"Padahal secara anatomis itu tidak masuk akal, yang namanya mandi dan keramas itu di luar tubuh, sedangkan menstruasi ada di dalam tubuh. Jadi nggak ada hubungannya mau dikasih air atau disabunin, justru lebih sehat dibandingin orang yang nggak pernah keramas ataupun mandi," kata dr Reisa.

Maka dari itu, mandi dan keramas saat menstruasi sebenarnya tidak ada larangan. Justru dianjurkan karena dapat menjaga kebersihan.

Manfaat mandi dan keramas saat menstruasi ternyata tak hanya untuk menjaga kebersihan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved