Breaking News:

Kupi Beungoh

MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0; Ketika Fungsi Manusia Di Gantikan Robot atau Digital

Di Era Industri 4.0, yang dimulai sejak tahun 2011  keberadaan manusia sudah mulai digantikan oleh  mesin  atau robot atau alat digital lainnya.

Editor: Amirullah
ist
Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag adalah Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar Raniry Banda Aceh. 

Oleh: Ainal Mardhiah, S.Ag. M.Ag*)

Dalam Wikipedia disebut kan bahwa Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas"

Di Era Industri 4.0, yang dimulai sejak tahun 2011  keberadaan manusia sudah mulai digantikan oleh  mesin  atau robot atau alat digital lainnya. Ini adalah tantangan masa kini, dan masa depan yang mesti di ketahui,  dipahami dan dipersiapkan oleh generasi Islam.

Selain modal agama yang harus kuat,  tertanam dalam jiwa dan terlihat dalam bentuk ketaatan kepada aturan agama, dan akhlak Islami, sebagai kekuatan utama dalam menghadapi Era Industri 4.0.

Disebutkan dalam Wikipedia industri 4.0 adalah Era Digital,  era digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on.

Artinya segala sesuatu dapat dikontrol dengan sebuah alat yang dirancang untuk mengaktifkan suatu alat dengan menekan "on" jila butuh atau jika tidak dibutuhkan lagi, sudah selesai tinggal kita tekan "of" untuk mematikannya atau transaksinya selesai.  

Dalam Wikipedia,  Digital  berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh.

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, Ini Fase Terjadinya, Akan Berlangsung Lebih dari 3 Jam

Artinya,  Digital itu sebuah alat yang bisa di kontral,  operasionalnya atau bisa di operasikan dengan 10 jari, sehingga gampang dan sangat mudah bagi yang menguasainya atau yang memiliki pengetahuan tentangnya.

Contoh yang sering kita lihat, kita jika ingin mengirim uang,  kita harus ke bank,  lalu ambil nomor antri, lanjut menulis kwitansi setor/transfer, lalu antri, dipanggil, baru ke kasir untuk setor atau transfer.

Namun sekarang,  di era Industri 4.0, era digital, kita cukup di rumah,  di kantor atau dimanapun posisi kita,  lalu kita hidupkan alat digital seperti handphone,  lanjut kita buka aplikasi yang kita butuhkan seperti M-Banking, tanpa perlu sibuk, tanpa perlu antri lama, dalam hitungan detik dengan 1 jari, gak perlu 10 jari kita sudah bisa mengirimkan uang atau menabung uang kita dengan cepat,  dan aman, Insya Allah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved