Breaking News:

Ganjar, AHY dan Anies Bersaing Ketat, Prabowo Keluar dari Lima Besar Kandidat Capres

Penilaian mengacu pada aspek integritas, kepemimpinan, kinerja, inovasi, transparansi, akuntabilitas, popularitas serta kepercayaan publik.

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
Serambinews.com
Kandidat Calon Presiden terkuat berdasarkan hasil survei CISA. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas, menyusul Ketua Umum Demokrat AHY, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto justru terlempar dari posisi lima besar. 

SERAMBINEWS.COM – Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudohoyono (AHY), dan Anies Baswedan, bersaing ketat di posisi tiga teratas, sebagai kandidat calon presiden paling banyak dipilih.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Analis dan Konsultan Sosial Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) tentang ‘Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini’.

Dalam hasil survei yang dipublikasi Jumat (10/12/2021), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meraup suara 16 persen.

Di bawahnya membayangi Ketua Umum Demokrat AHY sebanyak 14 persen, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebesar 13,33 persen.

Tiga nama itu mencuat di tiga besar teratas dari simulasi 15 nama kandidat capres yang disurvei oleh CISA.

Baca juga: Survey CISA: Partai Demokrat Melejit, Bayangi PDIP. Bagaimana dengan Golkar dan Gerindra?

Baca juga: Musda Partai Demokrat Aceh Berakhir Happy Ending, Muslim-Nova Kompak & Akrab Saat Duduk Bersama

Baca juga: Prabowo Akan Maju Lagi Sebagai Capres 2024, Begini Sikap Partai Aceh, Nurzahri: PA Wait and See

“Jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo keluar sebagai pemenang,” kata Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa, dalam siaran persnya.

Di urutan keempat, muncul nama Sandiaga Uno dengan persentase yang terpaut jauh, yakni 6,93 persen, disusul Airlangga Hartarto 6,25 persen.

Sedangkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto harus rela keluar dari posisi 5 besar, yang hanya mendapatkan 6 persen.

“Selanjutnya ada nama Ridwan Kamil di 4,67 persen, Puan Maharani 4,58 persen, Andika Perkasa 3,92 persen, La Nyala Matalitti 3,83 persen, Muhaimin Iskandar 3,25 persen,”

“Khofiffah Indar Parawansa 2,83 persen, Erick Thorir 2,83 persen, Salim Segaf Al Jufri 2,25 persen, serta Zulkifli Hasan 1,67 persen. Sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 7,67 persen,” sebut Herry.

Direktur Eksekutif CISA menjelaskan, penilaian ini mengacu pada aspek yang meliputi integritas, kepemimpinan, kinerja, inovasi, transparansi, akuntabilitas, popularitas serta kepercayaan publik.

Hasil survei ini merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA di tahun 2021 setelah sebelumnya merilis survei ketiga pada September 2021 lalu.

Survei CISA dimulai sejak tanggal 1-7 Desember 2021 yang menyasar 1.200 responden di 34 provinsi secara proporsional.

Penarikan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling dengan margin of errornya mencapai 2,85 persen, dengan tingkat kepercayaan pada 95 persen.

Perlu diketahui bahwa Survei CISA tentang ‘Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini’ juga telah melalui proses recheck dan reconfirm terhadap 20,5 persen total data responden, yakni 1.200.(*)

Baca juga: Warga Aceh Kembali Tinggalkan Malaysia, Total Sudah 780 Orang Pulang Kampung

Baca juga: Pasukan Keamanan Sabah Mengonfirmasi Rencana Milisi Kerajaan Sulu Menginvansi Sabah

Baca juga: 6 Jenis Olahraga yang Bisa Menambah Tingga Badan Anak, Orang Tua Bisa Simak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved