Breaking News:

Kesehatan

6 Risiko Penyakit Akibat Konsumsi Makanan dan Minuman Manis yang Mengandung Gula Pasir

Ada enam risiko penyakit yang disebabkan dari makanan dan minuman yang mengandung gula pasir, mulai dari penyakit biasa hingga penyakit kronis.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Pixabay.com/Pexels
Penyakit juntung, salah satu penyakit yang disebabkan karena sering mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berasal dari gula pasir. 

SERAMBINEWS.COM - Berikut ini enam risiko penyakit akibat mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula pasir.

Gula pasir merupakan salah satu bahan pokok yang paling banyak dibutuhkan.

Gula pasir terbuat terbuat dari tebu, yang kemudian dikristalkan mewujud menjadi serbuk-serbuk seperti pasir.

Namun di balik rasanya yang manis, menurut dr Zaidul Akbar, makanan dan minuman yang mengandung gula pasir tidak baik untuk kesehatan.

Menurut dr Zaidul Akbar, ada enam risiko penyakit yang disebabkan dari makanan dan minuman yang mengandung gula pasir, mulai dari penyakit biasa hingga penyakit kronis.

Adapun enam penyakit tersebut seperti kanker, kemandulan, stroke, penyakit jantung, masalah ginjal hingga penyakit tiroid.

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar .
Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar . (Tangkapan Layar Kanal YouTube Zaidul Akbar Official)

Baca juga: dr Zaidul Akbar Ungkap Makanan dan Minuman Manis Mengandung Gula Pasir Tidak Baik untuk Kesehatan

Selain itu pada wanita, makanan dan minuman manis dari gula pasir juga bisa menyebabkan gangguan hormon, gangguan menstruasi hingga mood bermasalah.

“Sebagian besar masalah penyakit termasuk kanker dan gangguan hormon pada wanita berasal dari gula,”

"Masalah gangguan menstruasi, kemandulan, mood bermasalah, stroke, penyakit jantung dan masalah ginjal tiroid bisa dari gula pasir," tulis dr Zaidul Akbar, yang dikutip Serambinews.com dari akun Instagram @zaidulakbar, Senin(1/1/2022).

Saran dr Zaidul Akbar, sudah saatnya Anda mengurangi makanan dan minuman yang menggunakan pemanis gula pasir.

Sebut dr Zaidul Akbar, gula pasir tidak hanya berdampak bagi kesehatan rahim pada perempuan tetapi juga berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan perut bagi kaum pria.

Kelebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berasal dari gula pasir juga bisa menyebabkan emosi yang tidak terkontrol dan pencernaan yang bermasalah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Benarkah Makan Makanan Manis Bisa Bikin Nyeri Haid Hilang?

Pasalnya menurut dr Zaidul Akbar, sering mengonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula pasir seperti petir yang menyambar system tubuh kita dan alangkah lebih baiknya utuk mengurangi mengonsumsi gula.

"Singkirin semua gula pasir dirumah jika mau sehat dan stop semua produk makanan minuman yang berlimpah gula pasir yang masuk ke tubuh kita," tegasnya.

Terakhir, dr Zaidul Akbar yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini menyarankan, sebaiknya ganti gula pasir dengan pemanis alami seperti buah, madu atau mengonsumsi buah tebu secara langsung. (Serambinews.com/Firdha Ustin)

Baca juga: Bupati Bireuen Terapkan Struktur Baru, 285 Pejabat Eselon IV Bireuen Jadi Pejabat Fungsional

Baca juga: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, Segini Totalnya

Baca juga: Memasuki Tahun Baru 2022, Ini 4 Bantuan dari Pemerintah yang Masih Disalurkan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved